Selain Tomat dan Bayam, 7 Sayuran Ini Baik untuk Penderita Diabetes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi makan tomat. causes.com

Ilustrasi makan tomat. causes.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memilih asupan yang sesuai salah satu kiat menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes. Seperti apa kriteria sesuainya? Sayuran untuk penderita diabetes harus memiliki indeks glikemik rendah dan mengandung nitrat alami.

Kandungan lain yang dibutuhkan adalah protein untuk membantu penderita diabetes merasa kenyang lebih lama. Serat juga penting untuk mencegah sembelit, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan menjaga berat badan.

Berikut 9 Sayuran yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

1. Tomat

Seiring berjalannya waktu, tingginya kadar gula darah akibat diabetes dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengontrol jantung. Tomat juga sangat cocok dikonsumsi penderita diabetes karena sayuran ini mengandung likopen, yakni senyawa antioksidan yang dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

2. Wortel

Serat yang dikandung wortel akan membuat penderita diabetes merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan. Dengan begitu, kadar gula darah bisa terjaga.

3. Brokoli

Selain tinggi vitamin, brokoli juga mengandung banyak serat yang berfungsi sebagai prebiotik untuk menjaga kadar gula darah dan metabolisme kolesterol

4. Kubis

Kubis mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga tergolong sayuran yang baik untuk diabetes. Selain itu, kubis juga tinggi akan serat yang dapat memperlambat proses pencernaan makanan sehingga kadar gula darah dapat dijaga.

5. Timun Jepang (zucchini)

Timun Jepang alias zucchini mengandung banyak karotenoid, yakni komponen yang dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai macam kanker. Selain itu, timun Jepang juga rendah kalori dan mengandung banyak serat.

Ilustrasi bayam. Pixabay.com/Aline Ponce

6. Bayam

Kadar gula darah tinggi yang sudah menahun dapat merusak pembuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan. Dengan mengonsumsi sayuran yang mengandung zat besi, sirkulasi darah akan menjadi lancar.

Bayam mengandung zat besi yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, bayam juga mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori.

7. Mentimun

Mentimun juga bisa membantu penderita diabetes merasa kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebih. Ditambah lagi, sebuah penelitian membuktikan bahwa mentimun dapat menurunkan dan menjaga kestabilan gula darah.

8. Selada

Selada terbagi dalam beberapa jenis, tetapi semua jenis selada dipercaya mengandung serat dan air yang tinggi. Selain itu, selada juga mengandung vitamin K, yaitu nutrisi yang sangat baik untuk proses pembekuan darah.Maka tidak heran kalau selada dipercaya sebagai salah satu sayuran untuk diabetes yang baik untuk dikonsumsi.

9. Jamur

Dalam sebuah penelitian, obat-obatan diabetes, misalnya metformin, dipercaya dapat menyebabkan kekurangan vitamin B di dalam tubuh. Untuk mengatasinya, sejumlah jenis jamur dapat dicoba sebagai sayuran untuk diabetes. 

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."