Cara Michelle Obama Atasi Depresi Ringan saat Pandemi

Mantan First Lady Amerika Serikat (AS) Michelle Obama saat menghadiri Grammy Awards ke-61 di Los Angeles, California, AS, 10 Februari 2019. Istri Presiden AS ke-44 Barack Obama itu, tampil mengejutkan para pemirsa ajang musik paling bergengsi tersebut. REUTERS

ragam

Cara Michelle Obama Atasi Depresi Ringan saat Pandemi

Jumat, 7 Agustus 2020 13:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Usai berbagi alasannya jatuh cinta dengan sang suami, Barack Obama, di episode perdana The Michelle Obama Podcast, di episode kedua Michelle Obama menceritakan kondisi keluarganya selama karantina dan cara jaga kesehatan mentalnya selama pandemi. Ia mengundang Michelle Norris, mantan pembawa acara NPR, sebagai bintang tamu.

"Ada periode selama karantina ini di mana saya merasa terlalu rendah," ujar ibu dua putri itu di episode kedua The Michelle Obama Podcast, yang dirilis di Spotify pada Rabu 5 Agustus 2020, seperti dilansir dari laman People.

Michelle berkisah pada Norris bahwa emosinya pasang surut selama lima bulan terakhir. Menurutnya perasaan melelahkan itu berasal dari tubuh dan pikiran yang jalani karantina di rumah saja selama pandemi.

“Secara spiritual, ini bukanlah waktu yang memuaskan," jelasnya. "Jadi, saya tahu bahwa saya sedang menghadapi beberapa bentuk depresi tingkat rendah.”

Perempuan berusia 56 tahun itu juga mengaku perselisihan rasial di tengah protes yang dipicu oleh kematian George Floyd turut mempengaruhi pasang surut emosinya. Begitu pula dengan kondisi pemerintahan Presiden Trump.

Michelle dan Barack Obama bersama kedua putri mereka.[CNN]

“Saya harus memberikan (waktu) diri saya sendiri ... hari-hari itu, saat-saat di mana saya tidak merasa baik-baik saja dan berhenti dari apa yang saya lakukan - apakah itu berarti mematikan teleponnya dan mengambil waktu sejenak untuk duduk dalam diam sendirian, atau menghabiskan waktu bersama suami dan putri kami, Malia dan Sasha,” ujarnya.

Selama pandemi, Michele Obama berupaya jalani rutinitas seperti biasa termasuk olahraga. Di siang hari, keluarga mereka menghabiskan waktu mengerjakan tugas masing-masing. Baru di pukul 5 sore, mereka berkumpul untuk makan malam dan berbagi aktivitas yang menenangkan tanpa teknologi.

Baca juga: Michelle Obama dan Suami Pernah Jalani Konseling Pernikahan

"Puzzle favorit kami," ungkap Michelle Obama kepada Norris. “Putri-putri menyukainya. Kami semua duduk di lantai mengitari meja tempat puzzle yang sekarang sudah tersusun secara permanen, lalu kami duduk untuk makan malam dan mengobrol lagi. "

Selain bermain puzzle, kedua putrinya juga bermain kartu dengan Barack Obama. “Sekarang ada persaingan yang kejam,” canda penulis Becoming. “Mereka belajar cara bermain kartu dengan ayah mereka."

Dalam podcast itu, Michelle juga kisahkan belajar bagaimana membuat wax dan baru-baru ini telah menguasai cara merawat kukunya sendiri di rumah.

Selain berbagi tips jaga kesehatan mental, Mantan Ibu Negara Amerika Serikat ini juga mengajak kita semua untuk tetap optimis.

"Hal yang harus kita ingat adalah kita bisa melalui masa-masa sulit, bangsa ini," tukasnya. "Kita berada di momen unik dalam sejarah. Kita hidup melalui sesuatu yang tidak pernah dialami oleh siapa pun di masa hidup, kita melalui itu."

NIA PRATIWI