Michelle Obama dan Suami Pernah Jalani Konseling Pernikahan

Michelle Obama dan Barack Obama menikah pada 3 Oktober 1992. Instagram.com/@michelleobama

cinta

Michelle Obama dan Suami Pernah Jalani Konseling Pernikahan

Selasa, 11 Februari 2020 09:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap kehidupan rumah tangga pernah melalui pasang surut, termasuk Michelle Obama dan Barack Obama. Pasangan yang telah menikah selama 28 tahun ini pernah mengalami masa-masa terberat usai kelahiran anak keduanya, Natasha yang akrab disapa Sasha.

Istri Presiden Amerika Serikat ke-44 ini membagikan secuplik kisah rumah tangganya saat menjadi bintang tamu di acara 2020 Vision: Your Life in Focus Tour yang dipandu Oprah Winfrey di Barclays Center, Brooklyn, New York, Amerika Serikat, Sabtu 8 Februari 2020.

“Terkadang Anda membutuhkan orang yang objektif hanya untuk mendengarkan Anda," Michelle Obama mengawali curahan hatinya di depan sekitar 15.000 orang mengutip laman Daily Mail.

“Itu mengajari saya bahwa saya bertanggung jawab atas kebahagiaan saya sendiri. Saya tidak menikahi Barack agar saya bahagia. Tidak ada yang bisa membuatku bahagia,” tambah ia.

Wanita berusia 56 tahun itu menjelaskan kebahagiaan yang ia maksud adalah berhenti menggali hal-hal yang tidak dilakukan suami untuk dirinya. Ia belajar fokus pada apa yang ingin dikerjakan dan mewujudkannya.

"Semakin saya berhasil mendefinisikan diri sendiri, semakin baik saya dalam kemitraan (rumah tangga)," ucapnya.

Michelle Obama dan Oprah Winfrey. Instagram.com/@michelleobama

Oprah Winfrey menimpali dengan pertanyaan, “Dan kamu sudah mengakui ia (Barack Obama) sebagai mitra kamu? Apakah lebih di 28 tahun menikah daripada sebelumnya. Apakah lebih baik? Atau lebih beragam rasanya?”

Perempuan kelahiran 17 Januari 1964 ini merespons, “Semua itu terjadi. Dan inilah yang saya terus katakan kepada orang-orang muda. Pernikahan itu sulit dan membesarkan keluarga bersama adalah hal yang sulit. Dibutuhkan penyesuaian.”

Ia pun mengakui saat tidak menyepakati suatu hal, mereka selalu mengedepankan persahabatan sebagai inti dari hubungan mereka.

"Kami kembali ke titik di mana kami bertemu lagi karena dengan itu kami berhasil lolos melalui beberapa masa tersulit, kami selamat," kenangnya.

“Kami bersama-sama melewati masa-masa sulit. Tapi sekarang kami keluar di ujung yang lain dan saya bisa melihatnya dan saya masih mengenali suami saya. Ia masih lelaki yang membuatku jatuh cinta, "lanjutnya.

Michelle Obama juga menuangkan perjalanan rumah tangganya di dalam buku memoar, Becoming yang terbit 2018. Di kesempatan lain, saat menjadi bintang tamu di acara The Tonight Show yang dipandu Jimmy Fallon, Michelle mengakui bahwa ia yang mendorong konseling pernikahan karena ingin 'memperbaiki' Barack Obama.

Michelle Obama, Natasha Obama, Barack Obama, Malia Ann Obama. Instagram.com/@michelleobama

"Saya adalah salah satu istri yang berpikir, ‘Saya akan membawa Anda ke konseling pernikahan sehingga Anda dapat diperbaiki, 'Barack Obama’. Karena aku seperti, 'Aku sempurna'. Saya seperti, 'Dr. X, tolong perbaiki ia',” tukasnya disambut tawa para penonton di studio.

“Dan kemudian, penasihat kami memandang saya. Lalu, saya seperti, ‘Apa yang kamu lihat? Aku sempurna',” jelas ia.

"Tetapi konseling pernikahan adalah titik balik bagi saya. Di mana saya memahami bahwa bukan urusan suami saya untuk membuat saya terus bahagia.  Saya harus belajar bagaimana membahagiakan diri sendiri dan bagaimana menempatkan diri saya lebih tinggi dalam daftar prioritas saya.”

Barack Obama dan Michelle Obama akan merayakan 28 tahun pernikahan pada 3 Oktober 2020. Keduanya pertama kali bertemu di firma hukum di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Kini keduannya telah dianugerahi dua putri, Malia Ann Obama (21 Tahun) dan Natasha Obama (19 tahun).