Tanda-tanda Hamil Dilihat dari 5 Perubahan Kulit Wajah Berikut

Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

kesehatan

Tanda-tanda Hamil Dilihat dari 5 Perubahan Kulit Wajah Berikut

Jumat, 19 Juni 2020 13:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain bentuk tubuh, ciri-ciri Anda hamil bisa dilihat dari perubahan kondisi kulit wajah. Timbul flek hitam, kulit wajah kering, wajah kusam, banyak jerawat, atau mungkin sebaliknya wajah justru tampak cerah dan berkilau bisa jadi indikasi Anda hamil.

Perubahan kulit itu tak akan membahayakan Anda dan bayi dalam kandungan. Tapi selalu konsultasikan dengan dokter kandungan, jika kulit Anda meradang, ruam, iritasi atau gatal. 

Berikut tanda-tanda orang hamil dari kulit wajahnya

1. Kulit jadi lebih sensitif

Peningkatan kadar hormon saat hamil serta kondisi kulit yang tertarik dan terasa lebih tipis bisa menyebabkan kulit lebih sensitif. Penggunaan sabun dan deterjen bisa menyebabkan iritasi. Selain itu, kondisi kulit yang Anda miliki sebelum hamil dapat semakin memburuk karena perubahan sistem imun. Meski demikian, kadang dapat juga terjadi sebaliknya.

Wanita dengan psoriasis merasa kondisinya membaik setelah kehamilan. Mengingat kulit Anda yang jadi lebih sensitif dan lebih mudah terbakar saat terkena sinar matahari, sebaiknya gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih, dan hindari berada di bawah paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. 

2. Banyak jerawat di wajah

Ciri-ciri orang hamil lainnya di kulit adalah munculnya banyak jerawat di wajah. Umumnya, jerawat akan muncul pada usia kehamilan trimester pertama dan kedua. Hal ini mungkin sangat mengganggu bagi sebagian besar perempuan yang mengalaminya. Terlebih bagi Anda yang sudah memiliki masalah jerawat sebelum hamil. 

Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan hormon androgen yang membuat produksi kelenjar minyak atau sebum meningkat. Produksi minyak berlebih tersebut diiringi dengan penumpukan sel-sel kulit mati dalam pori-pori kulit sehingga bakteri jadi lebih mudah berkembang dan memicu peradangan. Kondisi inilah yang akhirnya menjadi jerawat. 

Bila ingin menggunakan produk perawatan kulit untuk mengobati jerawat saat hamil, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk jaga kesehatan Anda beserta bayi.

3. Flek hitam

Munculnya flek hitam di wajah atau disebut juga dengan ‘topeng kehamilan’ juga bisa mengindikasikan Anda sedang hamil. Secara medis, flek atau noda hitam di wajah ibu hamil dinamakan melasma dan chloasma. Saat Anda hamil, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kehamilan yang mempunyai efek samping peningkatan pigmentasi sehingga timbul melasma.

Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan risiko timbulnya flek hitam di wajah. Flek hitam di wajah saat hamil seringkali muncul pada area dahi, hidung, pipi, dan bibir.

Meski menyebalkan dan bisa mengganggu penampilan, flek hitam di wajah tergolong normal terjadi. Bahkan, sebanyak 50 persen ibu hamil mengalami kondisi ini.

Untuk mengatasi flek hitam di wajah, ibu hamil disarankan untuk selalu menggunakan tabir surya atau sunscreen minimal SPF 15. Jangan lupa, memakai topi saat keluar rumah di siang hari.

4. Pembuluh darah di pipi terlihat jelas

Pembuluh darah kecil (kapiler) yang pecah dikenal dengan spider veins (pembuluh darah laba-laba) atau naevi. Kondisi ini umum terjadi pada kehamilan dan cenderung tidak membahayakan.

Banyaknya darah yang mengalir pada tubuh dapat memberikan tekanan pada pembuluh kapiler yang disertai peningkatan hormon estrogen menjadi alasan pembuluh darah di pipi terlihat jelas saat hamil.

Selain di wajah, pembuluh darah juga akan terlihat jelas pada tenggorokan, leher, dan lengan. Umumnya, pembuluh darah akan memudar kembali ketika kadar hormon menurun setelah Anda melahirkan.

5. Kulit wajah tampak lebih cerah dan berkilau

Sebagian ibu hamil mungkin ada yang merasakan efek positif ciri-ciri orang hamil dari raut wajah, yakni berupa kulit wajah yang tampak lebih cerah dan berkilau. Kulit wajah tampak cerah dan berkilau biasanya disebabkan oleh adanya peningkatan produksi darah pada tubuh sebesar 50 persen dibandingkan saat sebelum hamil.

Hal itulah yang mengakibatkan aliran darah pada tubuh ibu hamil meningkat sehingga raut wajah Anda menjadi tampak lebih cerah.

Selain itu, peningkatan hormon membuat kelenjar minyak bekerja lebih. Alhasil, wajah Anda jadi tampak berkilau alias berminyak. Wajah “glowing” saat hamil juga bukan sekadar basa-basi. Pasalnya, kulit Anda menahan cairan lebih banyak saat hamil sehingga kulit akan tampak lebih kenyal. Garis halus dan kerutan di wajah ikut menghilang.

SEHATQ