Co-Parenting ala Kalina Ocktaranny, Jangan Buat Anak Memilih

Kalina Ocktaranny. Instagram.com/@kalinaocktaranny

keluarga

Co-Parenting ala Kalina Ocktaranny, Jangan Buat Anak Memilih

Jumat, 19 Juni 2020 08:10 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kalina Ocktaranny dan Deddy Corbuzier menikah pada 25 Februari 2005. Mereka dikaruniai seorang putra bernama Azkanio Nikola Corbuzier atau biasa disapa Azka Corbuzier. Pasangan ini kemudian berpisah delapan tahun kemudian.

Deddy dan Kalina sepakat menerapkan co-parenting atau pola pengasuhan anak bersama usai bercerai. Mereka tidak ingin anak mengalami momen harus memilih mau ikut ayah atau ibunya. Menurutnya, orang tua tidak bisa memaksakan kehendak anak, justru berisiko membuat anak jadi tertutup dan mencari ketenangan di luar keluarga.

"Aku menurunkan ego, kalau menyayangi anak buang ego. Prosesnya tidak mudah memang, aku punya harga diri tapi untuk anak aku abaikan harga diri. Kami sama-sama membuang ego, karena kami berpikir keputusan ini ialah yang terbaik untuk kami," ujar Kalina saat menjadi bintang tamu di acara bincang-bincang YouTube psikolog Poppy Amalya yang diunggah di YouTube pada Kamis, 18 Juni 2020.

Hal penting lainnya adalah meyakinkan Azka bahwa mereka selalu ada, meski tidak tidak lagi bersama.

Baca juga: 6 Tips Akur dengan Mantan Suami Seperti Kalina Ocktaranny

"Akses saya selalu dibuka ke rumah untuk anak. Tipikal anak saya rumahan yang tidak suka kalau diajak keluar," kata Kalina seraya menekankan bahwa dirinya datang bukan untuk Deddy, tapi untuk anak mereka. Ia menganggap Deddy sudah seperti kakaknya sendiri dan sudah dekat pula dengan pacar Deddy sekarang, Sabrina Chairunnisa.

Kalina dan Deddy juga sepakat jika sama-sama punya pasangan, Azka tidak memanggil pasangan mereka dengan sebutan orang tua. "Panggilan terserah, tapi orang tua tidak tergantikan. Jadi bisa merangkul anak saya sebagai saudara atau adik, begitu pun dengan saya," tuturnya. 

Mereka berdua juga berupaya agar tidak bertengkar dan mempermasalahkan pola asuh langsung di depan anak atau publik. Seiring waktu, Azka akhirnya mengerti apa yang terjadi pada kedua orang tuanya. "Walau sebelumnya sempat salah paham disangka saya meninggalkan. Namun ia memahami jika saya bukan lagi istri Deddy, tapi tetap menjadi ibunya sampai kapan pun," pungkasnya haru.

EKA WAHYU PRAMITA