Zaskia Adya Mecca Belajar jadi Ibu dari Anak Sulungnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Zaskia Adya Mecca dan anak sulungnya, Kana Sybilla Bramantyo. Instagram.com/@zaskiadyamecca

Zaskia Adya Mecca dan anak sulungnya, Kana Sybilla Bramantyo. Instagram.com/@zaskiadyamecca

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Zaskia Adya Mecca kerap berbagi cerita keseharian bersama keempat buah hatinya lewat unggahan Instagram. Kali ini ia mengisahkan hubungan ibu dengan anak sulungnya, Kana Sybilla Bramantyo atau akrab disapa Sybil. Sama seperti ibu lainnya dengan anak pertama, Zaskia 'mencicipi' hal-hal pertama saat merawat Sybil. Ia pun mengaku suka merasa bersalah karena belum memberikan yang terbaik. 

"Si tempat belajarnya Bia (panggilan anak-anak untuk Zaskia)...suka ngerasa banyak salah ama Sybil karna pengalaman pertama hamil, nyusuin, punya anak, besarin dan ngadepin anak," tulisnya di keterangan foto berdua dengan Sybil yang di Instagram pada Kamis, 18 Juni 2020.

Istri Hanung Bramantyo ini juga mengaku masih terus belajar jadi ibu untuk keempat buah hatinya. Dengan besar hati, bintang sinetron Lorong Waktu ini meminta anaknya bersabar. "Sabar-sabar ya kaak ngadepin Bianyaaaa... Love you," ungkapnya.

Beberapa hari sebelum unggahan ini, Zaskia juga mengungkapkan penyesalannya karena Sybil terlalu cepat masuk sekolah.

Baca juga: Curhat Zaskia Adya Mecca Terapkan Sharing Gadget pada Anak

“Karena anak pertama, dulu masih bingung kapan mulai A-B-C , nyobain sekolah aja dari dia 6 bulan! Alhasil perjalanan sekolahnya kecepatan,” tulis Zaskia dalam keterangan foto Sybil yang sedang di depan laptop di Instagram Jumat, 12 Juni 2020.

Menurut Zaskia, usia Sybil berada di tengah-tengah untuk masuk sekolah dasar. Lahir pada 17 Oktober 2010, Sybil bisa menjadi anak paling tua atau paling muda di kelas. Zaskia memilih Sybil jadi yang paling muda. Jadi, ketika anak-anak seusia Sybil saat ini baru naik kelas 4, Sybil sudah mau kelas 5.

“Nyesel? Iya agak nyesel karena kalau kita buru-buru sekolahin anak dan si anak belum siap banget secara mental, akhirnya dia stres sendiri. Kejadian di Sybil, sempat nggak enjoy sekolah, susah banget motivasi dia untuk ikutin semua pelajaran,” ucap Zaskia yang saat ini menantikan anak kelima.

Namun, perempuan 32 tahun ini menyadari tak semua anak seperti Sybil. Artinya, belum tentu anak yang masuk sekolah terlalu cepat bakal tidak menikmati sekolah dan kurang motivasi belajar. Sebab, setiap anak memiliki passion berbeda, ada yang ke akademis, sedangkan Sybil cenderung ke seni.

Belajar dari kasus Sybil, Zaskia kini tak ingin terburu-buru menyekolahkan anaknya yang lain. Ia ingin santai saja sambil melihat kesiapan anak. Jika ditanya, lebih baik jadi paling tua atau paling muda, Zaskia akan memilih anak-anaknya jadi yang paling tua agar anak-anaknya lebih siap mental dan punya masa bermain lebih lama.

“Emang anak pertama buat bahan belajar ya, maafin Bia, Kak! Tapi insya Allah pas gede kamu beruntung hemat 1 tahun lebih cepat buat explore banyak hal,” tukasnya.

SILVY RIANA PUTRI | MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."