Hari Pendidikan Nasional, Andien Ingat Pesan Ki Hajar Dewantara

Andien Aisyah, penyanyi. Instagram/@andienaisyah

ragam

Hari Pendidikan Nasional, Andien Ingat Pesan Ki Hajar Dewantara

Sabtu, 2 Mei 2020 21:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari ini, Sabtu, 2 Mei 2020, Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas. Sejumlah selebriti membagikan pandangannya tentang pendidikan Indonesia saat ini. Salah satunya penyanyi Andien Aisyah atau lebih dikenal Andien.

Ia tampak mengunggah foto anak pertamanya, Anaku Askara Biru atau Kawa sedang membaca buku di atas rak kayu coklat. Pelantun Gemintang ini mengawali dengan kutipan kalimat dari pendiri Perguruan Taman Siswa, Ki Hajar Dewantara.

"Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah," tulis Andien di Instagram pada Sabtu sore, 1 Mei 2020.

Istri Irfan Wahyudi ini mengungkapkan sangat setuju dengan kalimat tokoh pelopor pendidikan di Indonesia. Baginya belajar bisa di mana saja dari siapa saja dan kapan saja, tak melulu berkutat di ruang kelas.

"Membuka pikiran dan membuka hati terhadap apa pun yang bisa membuat kita berdaya, adalah sebuah jalan untuk menjadikan kita manusia yang merdeka. Selamat Hari Pendidikan Nasional!" seru penyanyi yang sedang berbadan dua ini.

Senada dengan Andien, aktris Marcella Zalianty pun terinspirasi pesan Ki Hajar Dewantara. Ia mengunggah foto sebanyak delapan slide saat ia berperan di film Batas. Ibu dua putra itu berperan sebagai guru yang mengajar anak-anak di Perbatasan Entikong, Kalimantan Barat.

"Pendidikan tidak lagi murah, hanya kemurahan hati untuk membagi ilmu dan pengetahuan bagi mereka yang tidak sempat merasakan dunia pendidikan. 'Jadikanlah setiap Tempat sebagai Sekolah dan setiap Orang sebagai Guru' ( Ki Hajar Dewantara), tulis istri Ananda Mikola itu.

Sekali lagi Selamat Hari Pendidikan Nasional 2020.