11 Trik untuk Tangkal Gagal Diet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi diet. on.net.mk

Ilustrasi diet. on.net.mk

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak pemicu yang menyebabkan gagal diet. Mulai dari sekadar ikut-ikutan diet yang sedang tren, padahal tidak cocok dengan kebutuhan diri Anda. Atau diet dalam kondisi tertekan karena melihat penurunan berat badan teman sudah turun drastis, sementara Anda turun satu kilogram pun tak kunjung kelihatan hasilnya.

Hal utama yang perlu diingat saat menjalani diet, tetapkan hasilnya demi kesehatan tubuh. Kemudian, jangan samakan angka berat badan yang turun dan kecepatannya dengan hasil orang lain. Sebab setiap kondisi fisik orang tidak ada yang sama satu pun. Anda saja diciptakan dari kedua orang tua yang tidak sama satu lain, mengapa harus menyamaratakan hasil diet?

Berikut ini langkah-langkah yang mendukung diet sehat Anda berhasil seperti dilansir dari laman Purewow.

1. Masak makanan sehat sendiri

Awalnya cara ini dirasa lebih menyita waktu, tetapi membuat makanan sendiri adalah langkah super mudah untuk mengonsumsi makanan lebih sehat plus menghemat uang. Sebab saat makan di luar, kita tidak mengontrol kadar gula, garam, dan bahan-bahan tidak sehat lainnya. Plus, ukuran porsi biasanya besar. Dengan memasak di rumah, Anda tahu persis apa yang masuk ke dalam makanan Anda dan bisa mengontrol kadarnya.

2. Menikmati momen makan 

Bayangkan: Anda duduk di depan televisi dengan porsi makan malam yang melimpah, tapi sebenarnya makanan itu bisa disantap untuk dua kali makan. Karena Anda begitu asyik menonton film atau drama favorit, sehingga tidak menyadari makanan itu habis dalam hitungan menit. Untuk menghindari makan berlebihan secara tidak sengaja, cobalah berlatih makan dengan penuh perhatian, berarti Anda menikmati momen makan dengan tenang.

3. Penuhi Protein

Pentingnya pemenuhan protein untuk tubuh di antaranya mengurangi nafsu makan, meningkatkan pembakaran lemak, dan membantu Anda mendapatkan otot. Perhatikan bahwa protein tidak harus berupa ayam atau daging merah, ada sumber protein tanpa daging mulai dari buncis, lentil, quinoa hingga tahini.

Ilustrasi makanan diet. shutterstock.com

4. Boleh mengemil

Ketika makan dalam jumlah super mini sepanjang hari, Anda cenderung menjadi berlebihan saat waktu makan tiba. Tetapi ketika menyediakan sesi camilan sehat di dalam diet, Anda dijamin tidak akan kalap saat makan. Berikut sejumlah rekomendasi camilan diet, yaitu raspberi, sayuran rebus, kacang hijau, mentega almond, smoothies, apel, pir hingga popcorn.

5. Waspada dengan minuman berkalori

Saat bicara kalori kita kerap menghubungkan dengan kue dan keripik kentang goreng, tapi sering mengabaikan banyaknya kalori (dan gula) di dalam minuman. Batasi konsumsi soda (biasa maupun diet), kopi, dan alkohol. Meskipun es karamel macchiato memang menggoda, tetapi cobalah melatih diri untuk lebih menyukai kopi hitam.

6. Gunakan ukuran piring yang lebih kecil

Tipuan visual kecil tidak pernah merugikan siapa pun, bukan? Dengan menggunakan piring makan yang lebih kecil, Anda bisa "menipu" otak Anda untuk antisipasi makan lebih banyak. Kedengarannya agak aneh, tetapi dalam praktiknya itu berhasil untuk mengakali porsi makan saat diet.

7. Tetap terhidrasi

Minum air putih secara konsisten adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk kesehatan Anda. Selain menjaga kulit tetap bersih dan energi, tetap terhidrasi juga meningkatkan metabolisme tubuh, membuat Anda merasa kenyang (menurut studi 2015 dari University of Oxford), dan menghindari Anda dari keinginan meminum jenis minuman yang merusak diet.

8. Jeli membaca label pada kandungan

Saat mengonsumsi makanan kemasan jangan hanya memperhatikan jumlah kalori, tapi juga kandungan lain seperti gula dan garam. Bukan berarti produk makanan kemasan yang mengandung 100 kalori sudah pertanda baik. Bisa jadi makanan itu mengandung 10 gram gula tanpa Anda sadari, karena tidak jeli membaca.

9. Pilih hadiah yang bukan makanan

Sebaiknya saat di masa cheating day, jangan memilih makanan sebagai hadiah atau rewards. Hal itu sama saja mengembalikan kalori yang sudah dibakar di pusat kebugaran selama tiga hari berturut-turut. Pilihlah hadiah manikur pedikur atau buku saat Anda berhasil menurunkan beberapa kilogram.

10. Cukup Tidur

Kurang tidur juga bisa memperlambat terwujudnya penurunan berat badan Anda. Studi dalam Journal of Nursing Scholarship menunjukkan bahwa kurang tidur bisa meningkatkan rasa lapar, meningkatkan keinginan mengemil, dan menyebabkan kenaikan berat badan dengan mengacaukan kadar hormon ghrelin dan leptin.

11. Bersabarlah

Ingatlah negeri Roma tidak dibangun dalam sehari, begitu pula keberhasilan diet Anda. Jika penurunan berat badan adalah tujuan Anda, sangat penting untuk bersikap baik pada diri sendiri secara psikis maupun fisik. Jangan samakan perubahan orang lain dengan diri sendiri yang melaksanakan pola diet yang sama.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."