Tahun Ajaran Baru Ini 7 Tips Menjaga Kesehatan Anak di Sekolah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi orang tua antar anaknya ke sekolah. pbs.org

Ilustrasi orang tua antar anaknya ke sekolah. pbs.org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahun ajaran baru sekolah segera dimulai. Sebagian anak akan kembali ke sekolah dan sebagian lain untuk pertama kalinya memasuki tahapan baru ini. Sebab itu, sudah menjadi kewajiban Anda untuk memastikan anak tetap sehat, terutama agar tak terjangkit penyakit saat berada di sekolah.

Selain di rumah, anak juga akan menghabiskan banyak waktu di sekolah. Berinteraksi dengan murid-murid lain bisa membuat anak rentan untuk terjangkit berbagai gangguan kesehatan, seperti infeksi virus influenza, pilek, atau tertular kutu rambut. Ini karena daya tahan tubuh mereka belum seperti orang dewasa. Meski begitu, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, untuk membantu anak tetap sehat, terutama ketika di sekolah.

#1. Ajari anak untuk mencegah flu dan pilek
Flu dan pilek merupakan penyakit yang kerap menyerang semua kalangan, terutama anak-anak. Untuk mengurangi risiko tertular flu dan pilek, Anda dapat mengajari mereka mencuci tangan dengan benar terutama setelah dari toiet, setelah kontak dengan hidung, sebelum dan sesudah makan, serta mengingatkan anak untuk tidak menyentuh mata. Anda juga bisa mengajari mereka cara batuk dan bersin yang benar, yakni dengan menutup mulut dengan tisu atau lengan.

Ciri Anak yang Rentan Mengalami Bullying di Sekolah

#2. Mengatur jadwal tidur anak
Anak-anak membutuhkan durasi tidur sekitar 9-11 jam, dalam satu hari. Durasi tidur yang cukup tersebut tidak hanya menjaga kesehatan anak secara keseluruhan, namun juga membantunya untuk belajar dengan optimal di sekolah. Pastikan Anda menjaga kamar anak senyaman mungkin, untuk memudahkannya terlelap. Sampaikan pula aturan penggunaan telepon pintar dan alat elektronik di rumah, agar anak memahami waktu untuk tidur. Beberapa rutinitas lain, seperti menggosok gigi, berdoa sebelum tidur, dan mencuci kaki, dapat Anda terapkan.

#3. Membantu anak menyelesaikan masalah yang dialami di sekolah
Beberapa anak mungkin rentan mengalami stres dan kecemasan karena sekolah, seperti pekerjaan rumah, ulangan harian, teman yang menyebalkan, bahkan mungkin menjadi korban bullying di sekolah. Luangkan waktu Anda, untuk memahami kondisi psikologis anak, serta membantunya menyelesaikan persoalan sedang dihadapi. Karena pada tahap yang parah, mungkin saja anak mengalami depresi.

#4. Pastikan anak mendapat sarapan yang sehat
Tak dipungkiri, sarapan memainkan peran penting untuk kesehatan, serta memberikan energi untuk bagi anak untuk beraktivitas. Pastikan anak mendapat asupan nutrisi, dari menu sarapan sehat, sebelum ia berangkat ke sekolah. Protein dengan rendah lemak, dan karbohidrat kompleks, sangat dianjurkan untuk meningkatkan fungsi otak dan menjaga energi anak. Telur rebus, smoothies buah, selai kacang, atau sereal gandum, dapat menjadi pilihan.

#5. Jika memungkinkan, siapkan bekal yang menarik
Berbagai penyakit, seperti kondisi diare dan hepatitis A, mengintai anak, akibat jajan sembarangan. Cara terbaik untuk mencegah anak jajan sembarangan, yakni dengan membawakannya bekal yang sehat, jika memungkinkan bagi Anda untuk menyiapkannya. Misalnya Anda bisa membuat bento, bekal ala masyarakat Jepang dengan bentuk yang menarik. Libatkan pula anak dalam menyiapkan bekal yang ia suka, dan tentunya menyehatkan.

#6. Sebisa mungkin, hindari berbagi penggunaan alat pribadi dengan orang lain
Tidak hati-hati karena berbagi penggunaan alat pribadi, dapat memicu berbagai penyakit, seperti penyakit mono. Oleh karena itu, ajarkan anak Anda untuk tidak berbagi dan meminjam barang orang lain, seperti alat makan untuk makan siang.

Tips Memilih Tas Sekolah yang Tepat untuk Anak

#7. Memilih tas sekolah yang paling sesuai
Berat tas sekolah atau ransel yang digunakan anak, penting untuk Anda perhatikan. Sebab, ransel yang terlalu berat dapat memicu sakit nyeri di punggung, memengaruhi cakram tulang belakang, dan postur tubuh anak. Pilihlah tas dengan tali yang lebar, memiliki bantalan di bagian belakang, ataupun yang menggunakan sabuk untuk pinggang. Anda juga sebaiknya memastikan anak hanya membawa barang yang diperlukan.

Selain alat tulis, pastikan Anda juga menyiapkan beberapa barang, untuk menjaganya tetap sehat. Tisu, hand sanitizer, sapu tangan, dan alat makan minum sendiri mungkin diperlukan, agar ia tidak meminjam dari anak-anak lain. Pastikan barang-barang penunjang kesehatan tersebut juga Anda awasi kebersihannya. Bagaimanapun, sudah menjadi kewajiban Anda untuk menjaga anak tetap sehat, termasuk saat ia kembali ke sekolah. Sesibuk apapun Anda, memastikan Si Kecil tetap prima, memasuki tahun ajaran baru ini.

 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."