Pentingnya Mempersiapkan Anak untuk Hari Pertama Sekolah

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Yayuk Widiyarti
Jumat, 5 Juli 2019 19:34 WIB
Pentingnya Mempersiapkan Anak untuk Hari Pertama Sekolah

CANTIKA.COM, Jakarta - Mendekati hari pertama sekolah, orang tua perlu mempersiapkan anak agar siap untuk mulai belajar. Hari pertama sekolah bisa menjadi hari pertama masuk ke sekolah yang baru atau kembali ke sekolah yang lama. Namun, orang tua harus mempersiapkan anak untuk hari pertama apapun, karena pasti ada transisi dari kebiasaan liburan ke sekolah. 

“Masa transisi dari liburan ke rutinitas sekolah itu sangat penting, karena bisa menentukan arah pembelajaran anak setahun ke depan. Persiapan sekolah yang baik akan memicu anak untuk bereksplorasi dan belajar,” jelas Dr. Andyda Meliala, Pendiri Resourceful Parenting Indonesia, di Jakarta Pusat, Kamis, 4 Juli 2019. 

Baca juga:

Jam Sekolah Semakin Panjang, Ini yang Dicemaskan Merry Riana

Mempersiapkan anak untuk hari pertama sekolah sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Hal pertama yang perlu diketahui adalah apa saja tantangan yang dialami anak-anak di hari pertama sekolah.

“Mereka akan menghadapi lingkungan yang baru. Anak juga mengalami transisi dari jadwal yang yang santai saat liburan ke jadwal yang lebih formal,” lanjut Andyda.

Mengetahui tantangan yang dihadapi anak, orang tua bisa mempersiapkan anak untuk hari pertama sekolah lebih baik. Pertama, anak membutuhkan dukungan melalui pembangunan percakapan dan emosi positif. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mempersiapkan perlengkapan sekolah bersama-sama dan membangun percakapan positif mengenai sekolah.

Artikel lain:

Putri Charlotte akan Bersekolah, Sekolah Mana yang Dipilih?

“Investasi untuk pendidikan anak di usia dini akan memberi keuntungan yang sangat besar di masa depan nanti. Memberikan dukungan untuk membangun semangat sekolah anak adalah investasi yang besar,” jelas Andyda. 

Kedua adalah waktu tidur yang cukup. Anak di bawah 6 tahun bahkan sebaiknya memiliki waktu tidur minimal 10 jam agar bisa semangat untuk sekolah.

Terakhir adalah memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang pada anak. Dengan melakukan hal-hal ini sebagai persiapan di hari pertama sekolah, anak menjadi lebih semangat untuk belajar dan memiliki rutinitas yang positif.