Tips Memilih Tas Sekolah yang Tepat untuk Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi orang tua antar anaknya ke sekolah. skim.gs

Ilustrasi orang tua antar anaknya ke sekolah. skim.gs

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jelang berakhirnya liburan sekolah, Anda tentu mempersiapkan segala kebutuhan anak. Salah satunya tas sekolah anak. Hal ini wajib Anda perhatikan, karena jika berat tas sekolah yang setiap hari digunakan terlalu berlebihan, akan merugikan kesehatan anak.

Baca juga: Pentingnya Mempersiapkan Anak untuk Hari Pertama Sekolah

Gangguan kesehatan akibat sering menggendong tas sekolah yang terlalu berat, umumnya berhubungan dengan kondisi otot dan sendi di bahu maupun punggung. Anda perlu lebih memperhatikan jumlah beban yang akan dibawanya. Jika anak mengeluhkan sakit pada punggungnya, memiringkan tubuhnya saat ingin menyesuaikan posisi tas, tangan dan lengannya sering kesemputan, menandakan berat tas sekolah yang dibawa anak sudah berlebih. Apalagi jika tas beserta isinya, 10-20 persen lebih berat dari bobot anak.

Kalau anak sudah mulai menunjukkan tanda-tanda tersebut, sebaiknya Anda mulai melakukan langkah-langkah penyesuaian. Misalnya batasi barang yang akan dibawa anak di dalam ranselnya, hanya seberat 10-20 persen dari bobot tubuhnya dan memilih jenis tas yang tepat.  

Tas sekolah anak yang kelebihan beban, jika digunakan secara rutin setiap hari sekolah, bisa menimbulkan berbagai dampak untuk kesehatan, seperti:

#1. Membuat postur tubuh menjadi kurang baik
Menggunakan tas ransel dengan cara yang kurang benar, juga bisa berpengaruh pada postur tubuh. Anak perempuan lebih berisiko mengalami gangguan postur akibat penggunaan tas ransel yang terlalu berat. Sebab dengan tubuh yang relatif lebih kecil, anak perempuan pun bisa membawa beban yang sama beratnya dengan anak laki-laki, saat ke sekolah. Sehingga, berat tas sekolah yang dibawa, sudah melebihi 10-20 persen dari berat badan. 

#2. Rasa nyeri
Saat tas sekolah anak yang berat, tidak digunakan dalam posisi tepat di bahu, maka beban tersebut bisa membuat anak tertarik hingga jatuh ke belakang. Selain itu, berat tas sekolah yang berlebih juga bisa membuat tulang belakang menjadi melengkung ke depan. Kondisi ini dapat membuat tulang belakang berubah, dan menyebabkan munculnya rasa sakit di leher, bahu, dan punggung.

Kebiasaan menggunakan ransel hanya di salah satu bahu, juga bisa menimbulkan rasa nyeri di punggung bagian atas dan bawah. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membuat leher serta bahu menjadi tegang.

#3. Gangguan peredaran darah dan saraf
Gangguan peredaran darah dan saraf bisa timbul, jika anak terbiasa menggunakan tas sekolah dengan tali kecil. Jenis tali tas seperti itu, bisa menimbulkan kesemutan, dan membuat tangan serta langan menjadi lemah.

#4. Cedera fisik
Tas sekolah anak yang terlalu besar dan berat, juga bisa menimbulkan masalah keselamatan. Anak-anak dengan tas tersebut, kerap tidak menyadari berat tas sekolah yang mereka gunakan, dan tidak sengaja membentur anak lain. Teman sekelasnya pun, berisiko tersandung tas yang besar, saat tas tersebut diletakkan lorong kelas. Selain itu, tas ang berat juga bisa melukai anak yang tidak sengaja tertimpa tas tersebut, jika tas jatuh. Berat tas sekolah yang berlebih juga bisa mengubah cara berjalan anak-anak. Hal ini berisiko membuat mereka lebih rentan jatuh atau tersandung saat naik dan turun tangga.

Dengan melihat risiko yang bisa ditimbulkan oleh tas sekolah anak yang terlalu berat, maka sebagai orangtua, Anda juga perlu memilih jenis tas yang tepat, seperti berikut:

#Pilih tas dengan tali yang lebar. Tali tas yang kecil bisa menekan bahu, sehingga menimbulkan nyeri dan menghambat sirkulasi darah.

#Pilih tas dengan dua tali. Tas yang hanya memiliki satu tali, tidak bisa mendistribusikan beban secara merata.

#Pilih tas dengan bantalan di bagian belakang. Bagian punggung dari tas ransel yang memiliki bantalan, bisa melindungi anak, apabila di dalam ransel terdapat barang yang tajam seperti penggaris atau gunting. Tas seperti ini juga nyaman untuk digunakan.

#Pilih tas dengan sabuk atau ikatan untuk pinggang. Tas yang memiliki ikat pinggang, bisa mendistribusikan beban menjadi lebih merata.

#Pilih tas berbahan ringan. Jika bahan tas sudah berat, maka kelebihan beban tas ransel lebih mungkin terjadi.

#Pilih dengan roda. Jika barang yang dibawa ke sekolah harus banyak dan jika anak Anda memiliki masalah pada bagian punggung, maka sebaiknya pilih tas dengan roda, agar lebih mudah membawanya.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."