3 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua saat Anak Mengenal Gadget

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi anak dan orang tua bermain gadget. itechgadget.com

Ilustrasi anak dan orang tua bermain gadget. itechgadget.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menurut rekomendasi Akademi Pediatri Amerika, bayi berusia di bawah 18 bulan dilarang bersentuhan dengan gadget atau gawai. WHO juga memberikan batasan yang lebih ketat, yakni bayi berusia di bawah 24 bulan tidak boleh bersentuhan dengan gawai sama sekali.

Baca juga: Psikolog Ungkap 3 Dampak Negatif Anak Kecanduan Gadget

Meski begitu, penggunaan gadget pada anak yang sudah berusia 24 bulan atau lebih,  tetap harus sangat dibatasi dan di bawah pengawasan orang tua atau pengasuh. Perlu dipahami bahwa bayi masih sangat membutuhkan bimbingan dan pendampingan oleh orang tua atau pengasuh dalam bersentuhan dengan gadget agar mereka tidak terpapar konten-konten yang tidak sesuai usia dan tidak mudah kecanduan.

Melansir laman KidsHealth, ada tiga kiat yang perlu diterapkan orang tua ketika anak balitanya mulai berkenalan dengan gadget berikut ini

1. Temani anak selama mereka bermain gadget dan tetaplah berinteraksi dengan mereka. Pilihlah aplikasi atau video yang mengandung unsur edukasi misalnya aplikasi mengenal warna dan bentuk atau tontonan sesuai usia anak. Ajak anak berdiskusi mengenai apa yang mereka lihat di gawai dan jangan biarkan mereka sibuk sendiri.

2. Terapkan batasan mengenai durasi dan waktu pemakaian gawai, tentukan aplikasi, permainan, dan video apa saja yang boleh ditonton anak. Tentunya, Anda harus memastikan bahwa ponsel Anda sudah menggunakan pengaturan terbatas sehingga tidak ada konten-konten yang tidak sesuai usia anak yang muncul.

3. Buat lebih banyak jadwal bermain permainan non-gawai agar anak tidak cepat merasa bosan dan kembali tertuju pada gawai. Sangat disarankan agar Anda sering mengajak anak melakukan permainan yang tidak terstruktur seperti bermain masak-masakan, rumah-rumahan, atau mobil-mobilan untuk membangun kreativitas dan daya imajinasi anak.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."