Makna Quality Time Orang Tua dan Anak Bukan Cuma Enyahkan Gadget

Ilustrasi anak dan orang tua bermain gadget. itechgadget.com

keluarga

Makna Quality Time Orang Tua dan Anak Bukan Cuma Enyahkan Gadget

Senin, 15 Oktober 2018 12:52 WIB
Reporter : Antara Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang tua berpikir untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget dengan membelikan mainan jenis lain, misalnya sepeda, balok susun, monopoli, dan lainnya. Namun jika ingin membangun waktu berkualitas antara orang tua dengan anak, maka mengalihkan gadget ke permainan lain bukanlah solusi.

Baca:Tanpa Sadar Orang Tua Melakukan 4 Kebiasaan Buruk pada Anak

Pemerhati anak dari Traditional Games Returns atau TGR, Aghnina mengatakan quality time orang tua dengan anak diukur dari terjalinnya interaksi positif di antara mereka. "Orang tua bisa membuat anak berpaling dari gadget bukan hanya dengan membelikan mainan jenis lain, tapi memberikan quality time untuk keluarganya," kata Aghnina.

Waktu berkualitas antara orang tua dengan anak bisa dibangun dengan melakukan berbagai kegiatan bersama, misalnya mendongeng, sekadar mengobrol, atau mendengarkan cerita anak tanpa memotong pernyataannya. "Aktivitas seperti ini yang sering terlupakan oleh orang tua," ucap Aghnina.

Ilustrasi pria bermain dengan anak-anak. baby.ru

Meski begitu, Aghnina menyarankan agar orang tua memberikan mainan yang mengasah otak atau memiliki sifat edukatif bagi anak sebagai alternatif ketimbang anak bermain gadget. Yang paling penting adalah orang tua mesti dekat dengan anaknya sehingga tidak lagi tergantung gadget.

"Kebiasaan sekarang, orang tua memberikan gadget agar mereka tidak terganggu saat bekerja dan sebagai cara mendiamkan anak," kata Aghnina. "Cara-cara ini harus diubah dan ditinggalkan."

Artikel lainnya: 4 Manfaat Orang Tua Memeluk Anak