10 Tips untuk Orang Tua saat Gunakan Kursi Mobil Anak

Ilustrasi bayi di carseat. Pinsdaddy.com

keluarga

10 Tips untuk Orang Tua saat Gunakan Kursi Mobil Anak

Sabtu, 2 Maret 2019 11:39 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat bepergian menggunakan mobil biasanya orang tua akan menempatkan anak-anak di tempat duduk khusus, atau biasa disebut car seat. Tempat duduk tersebut dianggap cukup aman digunakan. Namun menurut penelitian terbaru, dua dari tiga anak yang menggunakannya tidak aman saat bepergian.

Baca juga: 4 Tips Supaya Anak Tetap Sehat Menjelang Musim Ujian

Penelitian What Car?, yang dibuat bersama dengan organisasi Child Seat Safety, menemukan bahwa 59 persen anak-anak menggunakan kursi mobil yang salah atau tidak sesuai untuk mereka. Survei dilakukan pada 3.000 kursi di seluruh Inggris pada tahun 2016 dan 2017, di mana mobil yang dilengkapi dengan kursi anak ditarik dan diperiksa, dengan dan tanpa anak-anak di dalamnya.

Survei menemukan bahwa 36 persen dari jumlah tersebut tidak dipasang dengan benar, sementara 33 persen tidak digunakan sesuai dengan usia atau ukuran anak. Penemuan yang paling memprihatinkan adalah bahwa tiga persen anak-anak yang secara hukum harus berada di kursi mobil khusus anak ditemukan sepenuhnya tidak terkendali.

Beberapa kesalahannya sangat sederhana dan mudah dihindari, termasuk mengencangkan sabuk pengaman dan kendali kepala atau tali kekang berada di posisi yang salah. Selalu pastikan sabuk pengaman dipasang cukup erat di sekitar kursi dan memastikan kursi memiliki ukuran yang tepat, untuk meningkatkan keselamatan anak saat bepergian jauh. 

“Kami merekomendasikan siapa saja yang membawa anak-anak di kursi mobil untuk mencari saran dari ahli dan memastikan anak-anak mencoba kursi di mobil mereka, idealnya dengan anak mereka di dalamnya, sebelum mereka membelinya,” ujar Claire Evans, editor consumen What Car? Seperti dikutip dari Hello!.

Anak-anak di Inggris secara hukum diharuskan menggunakan kursi mobil sampai mereka berusia 12 tahun Namun, beberapa perusahaan keselamatan jalan menyarankan orang tua untuk menjaga anak-anak mereka di kursi mobil hingga tingginya hampir 153 centi meter, tidak peduli berapa pun usia mereka.

Berikut 10 hal yang harus dilakukan orang tua untuk memeriksa keselamatan penggunaan kursi mobil anak.

1. Apakah anak Anda terlalu kecil untuk tempat duduk? Jika Anda ragu, jangan gerakkan mereka ke tempat yang lebih besar sampai Anda mendapat saran dari seorang ahli.

2. Saat mengamankan tempat duduk dengan sabuk pengaman mobil, pastikan kursi dalam posisi yang baik, dan tali  dipasang cukup erat di sekitar kursi anak. Harus cukup rapat agar kursi tidak bergerak ketika Anda mendorongnya.

3. Jika anak Anda telah mengenakan jaket tebal selama cuaca dingin, harness mungkin terlalu longgar ketika dia beralih untuk mengenakan pakaian yang lebih tipis, jadi pastikan bahwa itu masih cukup kencang. Untuk memeriksa ini, cobalah untuk mencubit bagian pakaian di depan tulang selangka anak Anda; jika Anda bisa mendapatkan sejumput kain di antara jari-jari Anda, itu terlalu longgar.

4. Jika Anda telah menyesuaikan sandaran kepala kursi karena anak Anda semakin tinggi, pastikan bahwa sabuk pengaman telah dipasang dengan benar kembali ke tempatnya.

5. Jika Anda menggunakan kursi dengan pegangan jinjing, jangan lupa untuk mengembalikannya ke posisi yang benar setelah meletakkan anak Anda di kursi.

6. Jika Anda menggunakan kursi Isofix, periksa apakah sudah terpasang dengan benar. Indikator di kursi akan berubah dari merah ke hijau jika sudah dipasang dengan benar.

7. Jika Anda menggunakan kursi dengan penopang kaki, periksa bahwa kaki dipasang dengan pas ke lantai mobil, pada sudut 90 derajat ke lantai dan tidak bertumpu pada kompartemen penyimpanan di bawah lantai, kecuali ini telah diisi dengan pengisi yang disetujui produsen mobil.

8. Jika Anda menggunakan tempat duduk dengan tambatan atas, pastikan kursi tersebut digerakkan di atas sandaran kursi dan dipotong ke dalam titik pemasangan yang benar, bukan kait bagasi.

9. Jangan kencangkan booster high-back dengan headrest mobil; ini perlu dipindahkan sehingga kursi duduk anak dapat sama rata dengan kursi mobil. 

10. Jika Anda menggunakan kursi yang cocok untuk rentang usia yang cukup lama, periksa secara teratur untuk menimalisir kerusakan; jangan berasumsi kursi akan tetap aman selama bertahun-tahun.