17 Tahun Menikah, Mona Ratuliu: Dulu Juga Sering Bertengkar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Mona Ratuliu bersama suami dan ketiga anaknya. Instagram.com/@monaratuliu

Mona Ratuliu bersama suami dan ketiga anaknya. Instagram.com/@monaratuliu

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kepergian desainer Robby Tumewu pada Januari 2019 menyisakan duka mendalam di hati artis Mona Ratuliu (36). Saat dinikahi Indra Brasco pada 2002, Robby merancang gaun pengantinnya.

“Indah kan baju desain Mas Robby Tumewu. Seindah hatinya,” tulis Mona menyertai foto pernikahannya yang diunggah ke akun Instagram.

Foto itu menyadarkan Mona bahwa ia sudah 17 tahun berumah tangga. Dari pernikahannya dengan Indra, ia dikaruniai tiga anak, Davina Shava Felisa, Barata Rahadian Nezar, dan Syanala Kania Salsabila.

Artikel lain:
Mona Ratuliu Sering Bertengkar Akibat Masalah Sepele, Solusinya
Mona Ratuliu Punya Cara Mudah Mengajarkan Anak-anak Toleransi

Belasan tahun menikah, Mona mengaku rumah tangganya penuh romantika. Pertengkaran kerap terjadi. Saat konflik terpercik, awalnya Mona enggan memulai pembicaraan, apalagi meminta maaf.

“Itu terjadi pada awal pernikahan hingga mendekati usia rumah tangga 10 tahun. Bertengkar menjadi makanan sehari-hari. Usai bertengkar, saya gengsi memulai percakapan. Kesannya, memulai percakapan duluan berarti mengakui bahwa sayalah yang salah,” kata Mona.

Mona Ratuliu dan Indra Brasco. Instagram.com/@monaratuliu

Pada sepuluh tahun pertama, Indra lebih banyak mengajak bicara lebih dulu untuk meredakan konflik. Perlahan, aktris kelahiran 31 Januari ini belajar dari kesabaran suaminya. Suatu hari, hati Mona terketuk.

“Apa salahnya memulai percakapan duluan? Apa salahnya minta maaf duluan? Apa manfaatnya mendiamkan suami 2-3 hari?” pikirnya.

Pertengkaran Mona dan Indra biasanya dipicu masalah sepele. Misalnya, Indra masuk kamar lupa menutup pintu. Atau sudah merebahkan badan di kasur, baru teringat pintu rumah belum dikunci.

Baca juga:
Kiat Mona Ratuliu Ajarkan Putrinya Bijak Gunakan Media Sosial

Berkaca pada pengalaman ini, bintang sinetron “Pelangi di Matamu” itu menyimpulkan bukan masalahnya yang bikin suasana memanas melainkan cara berbicara kepada pasangan.

“Kadang cara saya berbicara enggak enak didengar. Berdasarkan pengalaman saya, teknik berkomunikasi menentukan kehangatan hubungan suami istri,” papar Mona.

TABLOIDBINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."