Kiat Mona Ratuliu Ajarkan Putrinya Bijak Gunakan Media Sosial

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Mona Ratuliu dan Indra Brasco. Instagram.com/@monaratuliu

Mona Ratuliu dan Indra Brasco. Instagram.com/@monaratuliu

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasangan Mona Ratuliu dan Indra Brasco memiliki tiga orang anak, yaitu Davina Shava Felisa, Barata Rahadian Nezar, dan Syanala Kania Salsabila. Putri sulungnya kini berusia 15 tahun dan aktif di media sosial.

Baca juga: Mona Ratuliu Sering Bertengkar Akibat Masalah Sepele, Solusinya

Mona Ratuliu mengaku was-was putrinya aktif di media sosial. Namun ia juga tak ingin terlalu memantau perilaku anak di dunia maya. "Saya memahami si kakak sudah 15 tahun, sudah boleh bermedsos. Media sosial medium pergaulan yang tidak 100 persen negatif. Dari media sosial, ia belajar berkolaborasi dengan orang lain dan membangun jaringan. Saya mengajarinya meladeni komentar warganet yang seringkali pedas dan menghina fisik," ucapnya. 

Dr. Devie Rahmawati (Pakar Ilmu Sosial, Budaya dan Komunikasi, Universitas Indonesia), Mona Ratuliu (Brand Ambassador SariWangi), Johan Lie (Senior Brand Manager of SariWangi, PT Unilever Indonesia) dan Kezia Warouw (Puteri Indonesia 2016) di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Selasa 15 Januari 2019. TEMPO/Astari Pinasthika Sarosa

Mona Ratuliu menceritakan, komentar pedas dan menghina fisik sering menyulut emosi putrinya di media sosial. Kadang, Davina membalas dengan komentar yang tak kalah pedas. Setelah membalas, barulah ia berpikir dan menyesali perbuatannya.

Kalau sudah begini, Mona Ratuliu memberinya waktu untuk berpikir sekaligus menenangkan diri. Setelah itu, ia mencari waktu yang santai, mengajaknya mengobrol sambil duduk dan ngeteh agar tercipta suasana yang hangat. "Lalu kami mengobrol dengan santai agar ia tidak merasa terpojok dan dihakimi. Komunikasi harus dua arah. Saya mendengarkan curhat si kakak. Penting lo, menjadi pendengar yang baik buat anak. Anak masih mau cerita dengan ibunya, itu pertanda baik," kata Mona.

TABLOIDBINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."