Bikin Salad Pakai Sayur yang Berlubang, Itu Pilihan Tepat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Salad Sawadee, menu SaladStop! terbaru khas kuliner Thailand. TEMPO/Astari Pinasthika Sarosa

Salad Sawadee, menu SaladStop! terbaru khas kuliner Thailand. TEMPO/Astari Pinasthika Sarosa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salad adalah salah satu makanan yang direkomendasikan jika kamu ingin menerapkan gaya hidup sehat. Salad bisa dibuat sendiri di rumah dan yang paling penting adalah bagaimana memilih sayuran segar yang bebas pestisida dan terjaga kebersihannya.

Baca: Resolusi Tahun Baru 2019 Kim Kardashian Dimulai Seusai Natal

Marketing Manager restoran SaladStop!, Adhi Putra Tawakal berbagi tips memilih sayuran untuk salad. "Pilih sayuran yang segar dan itu bisa dilihat dari teksturnya dan jangan yang sudah layu," kata Adhi di Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu 16 Januari 2019.

Tekstur sayuran yang masih segar biasanya lebih kaku. Adapun sayuran yang sudah layu terasa lebih lembek dan lemah. Selain tekstur, kesegaran salad juga bisa dilihat dari warnanya. Sayuran yang tak segar akan memiliki warna yang lebih gelap.

Bukan cuma itu, Adhi Putra mengingatkan agar jangan takut dengan sayuran yang sudah berlubang. "Banyak yang menganggap sayuran berlubang itu artinya tidak segar. Padahal, sayuran berlubang itu sehat, karena artinya tidak menggunakan bahan kimia," ucap dia. Sayuran yang berlubang tinggal dipotong dan dibersihkan dengan baik.

Baca juga: Sebab Jangan Memanaskan Sayuran Setelah Matang

Ilustrasi sayur mentah. Shutterstock

Kesegaran salad juga berhubungan dengan kebersihan. Mencuci sayuran dengan bersih itu sangat penting. Bahkan, cara terbaik untuk memastikan salad bersih adalah dengan mencucinya menggunakan air yang biasa diminum, bukan air keran.

Jumlah bahan yang digunakan untuk salad bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Yang penting, buat salad dengan nutrisi seimbang. Salad yang sudah dibuat sebaiknya langsung dimakan. Jangan dibiarkan lebih dari 1 jam. Meski begitu, salad juga bisa bertahan sampai satu hari jika dimasukkan ke dalam kulkas.

Artikel lainnya:
Cara Simpan Makanan, Buah, Daging, Susu, dan Sayur dengan Benar 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."