Cara Simpan Makanan, Buah, Daging, Susu, dan Sayur dengan Benar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi isi kulkas. shutterstock.com

Ilustrasi isi kulkas. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan yang tidak disimpan dengan cara yang tepat akan memicu berbagai penyakit. Begitu juga dengan durasi penyimpanan makanan akan mempengaruhi kualitasnya.

Baca: Ingin Tidur Pulas, Coba Pilih Makanan Berikut

Di acara kampanye "Don’t Let Good Food Go Bad" dari Nestle, terdapat cara menyimpan yang benar untuk setiap jenis makanan. Berikut ini penjelasannya:

1. Daging
Menyimpan daging pasti tidak bisa di luar kulkas. Daging harus disimpan pada bagian paling dingin di dalam kulkas. Potongan daging yang besar bisa disimpan di lemari pembeku atau freezer untuk waktu yang lebih lama dengan suhu -12 sampai -18 derajat celsius.

Ilustrasi palu dapur untuk mememarkan daging. aliexpress.com

Sama halnya dengan daging ayam atau bebek, bila masih utuh bisa disimpan di freezer. Segera buang jika daging sudah berlendir atau berbau tidak sedap.

2. Susu
Penyimpanan susu juga penting karena ada perbedaan signifikan ketika kemasan sudah dibuka dengan masih tertutup. Jika masih dalam kemasan tertutup, susu bisa disimpan di luar lemari es. Namun apabila kemasan susu sudah dibuka, maka susu harus disimpan di dalam kulkas.

ilustrasi susu (pixabay.com)

Perlu diingat, meski sudah disimpan di dalam kulkas, kalau kemasan susu sudah dibuka tentu mempengaruhi kualitas susunya. Kualitas susu jika kemasan sudah dibuka hanya bertahan kurang dari 5 hari di lemari es.

Jadi, kalaupun tertulis tanggal kedaluwarsa masih lama, itu hanya berlaku bila kemasan susu belum dibuka. Satu lagi, sebaiknya kocok susu sebelum dikonsumsi.

3. Buah
Tidak semua buah memiliki cara menyimpan yang sama. Namun demikian, sebagian besar buah bisa disimpan di luar kulkas bila belum matang. Buah yang sudah matang bisa disimpan di dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya.

Ilustrasi buah. agrofoods.cl

Lamanya menyimpan buah di dalam kulkas bisa sampai 7 sampai 14 hari tergantung jenis buah. Apabila buah sudah layu atau memar sebaiknya langsung dibuang.

4. Sayur
Ilustrasi sayuran. TEMPO/Aditia Noviansyah

Hampir semua jenis sayuran perlu disimpan di dalam kulkas. Hanya saja, bawang putih, bawang bombay, dan kentang bisa disimpan di luar kulkas dan mampu bertahan selama 1 bulan. Sayuran tersebut harus disimpan di tempat yang sejuk dan tidak terpapar cahaya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."