Memahami Perubahan Siklus Menstruasi di Setiap Dekade Usia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita sakit perut saat menstruasi. TEMPO/ Rosdianahangka

Ilustrasi wanita sakit perut saat menstruasi. TEMPO/ Rosdianahangka

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menstruasi mungkin masa yang tidak menyenangkan bagi wanita, kadang datang terlambat, namun bulan berikutnya datang lebih awal. Biasanya, menstruasi selama empat hari, lalu tiba-tiba aliran darah menstruasi bertahan seminggu penuh.

Belum lagi kram yang datang sebelum atau selama menstruasi. Perubahan siklus menstruasi seperti ini sulit diprediksi dan diatasi. Anda harus terbiasa dengan hal tersebut karena seiring bertambahnya usia, menstruasi akan terus menyesuaikan dan berkembang, sebagian berkat perubahan hormon yang berkaitan dengan usia normal serta pengalaman seperti kehamilan dan perimenopause.

Artikel lain:
Siklus Menstruasi Ternyata Dipengaruhi oleh Asupan Lemak
Siklus Menstruasi dan Gejala Haid yang Tidak Normal

Mengutip laman Health, berikut perubahan yang mungkin Anda rasakan di setiap usia saat menstruasi.

#Usia 20an
Aliran darah menstruasi  di usia 20-an lebih konsisten. Bagi anak perempuan sangat umum untuk tidak berovulasi secara teratur, kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan Lauren Streicher.

“Dan tanpa ovulasi teratur, menstruasi akan lebih tidak menentu,” ujarnya. Di sisi lain, ketika siklus mereda dan keluar kurang lebih setiap bulan, Anda juga akan mulai mengalami PMS, kram, dan nyeri payudara.

Perubahan menstruasi besar lain yang cenderung terjadi pada usia 20-an adalah berkaitan dengan pengendalian kelahiran. Ini adalah dekade di mana banyak wanita memutuskan untuk mulai menggunakan kontrasepsi hormonal, misalnya dengan minum pil KB yang akan memicu perubahan pada aliran menstruasi. Faktanya, pil atau bentuk kontrasepsi hormonal lainnya, seperti IUD hormonal atau suntikan kontrasepsi, dapat menghentikan menstruasi. Pil KB mencegah ovulasi dan tanpa ovulasi, tidak ada penumpukan lapisan rahim yang harus dilepaskan.

#Usia 30-an
Untuk sebagian besar, menstruasi harus cukup dapat diprediksi dan konsisten dalam dekade ini, kata Dr. Streicher. Gejala seperti aliran yang tiba-tiba lebih berat atau rasa sakit yang lebih hebat daripada kram biasa mungkin merupakan tanda masalah yang lebih besar, misalnya fibroid, yang dapat membuat Anda mengalami pendarahan yang lebih berat. Dan endometriosis, yang sering ditandai dengan rasa sakit yang sangat buruk, yang mungkin berlangsung sepanjang bulan, juga sering didiagnosis ketika seorang wanita berusia 30-an.

Perubahan lainnya di usia 30-an, setelah melahirkan menstruasi tidak datang sampai enam minggu jika Anda tidak menyusui. "Dan jika memutuskan untuk menyusui, menstruasi tidak akan kembali sampai Anda berhenti atau mengurangi jumlah kali menyusui,” ujar Sheryl Ross, dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Santa Monica, Amerika Serikat.

Beberapa wanita. setelah hamil, kram yang dirasakan saat menstruasi lebih membaik. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, tetapi karena pembukaan serviks menjadi sedikit lebih besar, aliran darah yang keluar tanpa memerlukan kontraksi uterus yang kuat.

Baca juga:
5 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Masalah Saat Menstruasi

#Usia 40-an
Usia 40-an menandai awal fluktuasi hormon perimenopause, yang merupakan prekursor menopause. Selama masa ini, umumnya delapan hingga 10 tahun sebelum menopause, yang biasanya terjadi pada awal usia 50-an, tubuh bersiap untuk garis akhir menstruasi.

Perubahan hormon yang normal menyebabkan ovulasi menjadi lebih tidak teratur dan fluktuasi tingkat estrogen, berarti Anda bisa mulai mengalami menstruasi yang terlewat, aliran yang lebih berat, bercak di antara periode, dan peregangan PMS yang lebih lama.

"Hal yang selalu saya katakan tentang gejala perimenopause adalah satu hal yang dapat diprediksi, bahwa tidak ada yang dapat diprediksi," kata Dr. Streicher.

Hanya saja jangan lupa, bahkan jika ovulasi tidak menentu, Anda masih bisa hamil. Seorang wanita tidak mengalami menopause sampai haidnya berhenti setidaknya selama satu tahun.

Berapa pun usia, ingatlah bahwa menstruasi dapat menggambarkan banyak wawasan tentang kesehatan secara keseluruhan. Jadi, jika Anda mengalami gejala yang tidak biasa, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter. Menstruasi yang sangat tidak teratur atau perubahan drastis pada aliran darah mungkin merupakan tanda masalah tiroid, sindrom ovarium polikistik, atau sejumlah masalah kesehatan lainnya yang dapat diobati.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."