5 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Masalah Saat Menstruasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi nyeri haid. shutterstock.com

Ilustrasi nyeri haid. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat menstruasi datang, beberapa wanita akan mengalami perubahan dalam tubuhnya. Mulai dari emosi yang naik turun, rasa nyeri, muncul jerawat di wajah, dan bahkan darah yang keluar terlalu banyak bisa mengganggu aktivitas. 

Baca juga: Siklus Menstruasi dan Gejala Haid yang Tidak Normal

Biasanya untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa wanita mengkonsumsi obat pereda nyeri. Namun sebenarnya Anda bisa mengatasi masalah saat menstruasi dengan mengonsumsi makanan yang tepat berikut ini. 

Sayuran Hijau
Makanan yang Harus Dikonsumsi Selama Menstruasi (depositphotos)
(depositphotos)

Kehilangan banyak darah selama menstruasi membuat kadar zat besi dalam tubuh menurun drastis. Ini sebabnya Anda harus menggantinya dengan makanan-makanan tinggi zat besi. Namun berhubung harus menghindari daging karena mengandung lemak, pilihlah sumber zat besi dari sayuran hijau seperti kale, bayam, dan brokoli.

JerukMakanan yang Harus Dikonsumsi Selama Menstruasi (depositphotos)
(depositphotos)

Vitamin D dan kalsium dapat mengurangi perasaan depresi, cemas, dan memperbaiki suasana hati terutama di hari-hari menstruasi. Vitamin D berfungsi untuk mengatur enzim yang mengubah triptofan menjadi serotonin, neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati. Kombinasi antara kalsium dan vitamin D juga dapat mencegah gejala-gejala PMS seperti nyeri, sakit pinggang, dan kram perut. Karena susu dan produk turunannya yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D masuk dalam daftar makanan yang tidak dianjurkan, maka dapatkan sumber alami vitamin D dan Kalsium dari buah jeruk, lemon, dan limau.

Pisang 

Makanan yang Harus Dikonsumsi Selama Menstruasi (depositphotos)
(depositphotos)

Pisang merupakan makanan yang mampu meningkatkan suasana hati seseorang karena kandungan vitamin B6 yang tinggi di dalamnya. Pisang juga kaya akan kalium dan magnesium yang mampu mencegah kembung dan baik untuk pencernaan sehingga terhindar dari sakit perut selama menstruasi.

SemangkaMakanan yang Harus Dikonsumsi Selama Menstruasi (depositphotos)
(depositphotos)

Karena Anda disarankan mengonsumsi diet rendah garam saat menstruasi, maka Anda harus memastikan asupan cairan tetap terjaga. Selain banyak mengonsumsi air, mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka sangat membantu menjaga asupan cairan dalam tubuh dan mencegah sakit kepala.

CokelatMakanan yang Harus Dikonsumsi Selama Menstruasi (depositphotos)
(depositphotos)

Cokelat merupakan sumber magnesium alami yang tidak hanya mampu menstabilkan suasana hati, tetapi juga membantu mengatur serotonin atau hormon pemberi rasa bahagia. Tapi ingat, pastikan cokelat yang Anda pilih bukan cokelat susu atau cokelat putih yang telah dicampur susu dan gula tambahan. Pilihlah jenis cokelat hitam dengan kandungan kakao 60 persen atau lebih untuk mendapatkan manfaat maksimal dari cokelat.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."