Sedang Menstruasi, Hindari 5 Perawatan Kecantikan Ini

Ilustrasi perawatan komedo. shutterstock

kecantikan

Sedang Menstruasi, Hindari 5 Perawatan Kecantikan Ini

Kamis, 3 Mei 2018 19:49 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Perempuan yang sedang menstruasi ternyata tidak boleh sembarangan melakukan perawatan kecantikan. Ahli kecantikan Erica Cerpa mengatakan perempuan mengalami tiga perubahan hormon dalam satu bulan, yakni estrogen, progesteron, dan testosteron.

Baca juga:Ladies, Jangan Lupa Waktu Paling Penting Bersihkan Miss VAnak Perempuan Sekarang Dapat Haid Lebih Awal, Kenapa?

"Perubahan ini secara keseluruhan akan mempengaruhi kondisi kulit," kata Erica Cerpa seperti dikutip dari Refinery29. Karena perubahan hormon ini, ada beberapa perawatan kecantikan yang berdampak pada munculnya jerawat atau gangguan kulit lainya. Lantas apa saja perawatan kecantikan yang sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi, berikut ini rinciannya.

1. FacialIlustrasi facial. shutterstock.comMelakukan facial saat menstruasi bukan keputusan yang tepat. Karena saat haid, kulit dalam kondisi sangat sensitif sehingga rentan berjerawat. Sebaiknya lakukan facial sekitar dua minggu sebelum menstruasi.

2. Laser Hair RemovalIlustrasi perempuan menghilangkan bulu di tubuh atau waxing. shutterstock.comMenyingkirkan bulu-bulu yang tidak diinginkan dengan laser memang paling enak dan nyaman. Tapi jangan lakukan ini saat sedang menstruasi. Sebab ketika haid, kulit dalam kondisi sensitif dan bisa saja mengalami iritasi, bahkan menjadi merah-merah karena tidak tahan dengan perawatan yang dilakukan.

3. EksfoliasiIlustrasi kulit sehat. Shutterstock.comEksfoliasi atau pengelupasan kulit biasanya dilakukan 2 minggu sekali, dan jangan saat menstruasi karena berisiko kulit iritasi.

Artikel lainnya:Dilarang Minum Es Saat Menstruasi dan Penjelasan 3 Mitos Lainnya

4. WaxingIlustrasi waxing. Purelyyouspa.comSama seperti laser hair removal, waxing juga sebaiknya tidak dilakukan saat sedang menstruasi. Tahu sendiri kan proses waxing cukup menyakitkan atau sedikit membuat kejutan pada kulit. Dan saat itu, kulitmu sedang dalam kondisi sensitif.

5. Hydrating MaskIlustrasi masker lumpur. ShutterstockKulit wajah saat menstruasi akan lebih banyak mengeluarkan minyak. Karena itu, hindari penggunaan hydrating mask atau siap-siap jerawat bakal muncul. Lebih baik pakai masker oil free atau masker yang memiliki soothing effect dengan bahan seperti lidah buaya.

AURA