Sedang Menstruasi, Hindari 5 Perawatan Kecantikan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi perawatan komedo. shutterstock

Ilustrasi perawatan komedo. shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perempuan yang sedang menstruasi ternyata tidak boleh sembarangan melakukan perawatan kecantikan. Ahli kecantikan Erica Cerpa mengatakan perempuan mengalami tiga perubahan hormon dalam satu bulan, yakni estrogen, progesteron, dan testosteron.

Baca juga:
Ladies, Jangan Lupa Waktu Paling Penting Bersihkan Miss V
Anak Perempuan Sekarang Dapat Haid Lebih Awal, Kenapa?

"Perubahan ini secara keseluruhan akan mempengaruhi kondisi kulit," kata Erica Cerpa seperti dikutip dari Refinery29. Karena perubahan hormon ini, ada beberapa perawatan kecantikan yang berdampak pada munculnya jerawat atau gangguan kulit lainya. Lantas apa saja perawatan kecantikan yang sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi, berikut ini rinciannya.

1. Facial
Ilustrasi facial. shutterstock.com

Melakukan facial saat menstruasi bukan keputusan yang tepat. Karena saat haid, kulit dalam kondisi sangat sensitif sehingga rentan berjerawat. Sebaiknya lakukan facial sekitar dua minggu sebelum menstruasi.

2. Laser Hair Removal
Ilustrasi perempuan menghilangkan bulu di tubuh atau waxing. shutterstock.com
Menyingkirkan bulu-bulu yang tidak diinginkan dengan laser memang paling enak dan nyaman. Tapi jangan lakukan ini saat sedang menstruasi. Sebab ketika haid, kulit dalam kondisi sensitif dan bisa saja mengalami iritasi, bahkan menjadi merah-merah karena tidak tahan dengan perawatan yang dilakukan.

3. Eksfoliasi
Ilustrasi kulit sehat. Shutterstock.com
Eksfoliasi atau pengelupasan kulit biasanya dilakukan 2 minggu sekali, dan jangan saat menstruasi karena berisiko kulit iritasi.

Artikel lainnya:
Dilarang Minum Es Saat Menstruasi dan Penjelasan 3 Mitos Lainnya

4. Waxing
Ilustrasi waxing. Purelyyouspa.com

Sama seperti laser hair removal, waxing juga sebaiknya tidak dilakukan saat sedang menstruasi. Tahu sendiri kan proses waxing cukup menyakitkan atau sedikit membuat kejutan pada kulit. Dan saat itu, kulitmu sedang dalam kondisi sensitif.

5. Hydrating Mask
Ilustrasi masker lumpur. Shutterstock
Kulit wajah saat menstruasi akan lebih banyak mengeluarkan minyak. Karena itu, hindari penggunaan hydrating mask atau siap-siap jerawat bakal muncul. Lebih baik pakai masker oil free atau masker yang memiliki soothing effect dengan bahan seperti lidah buaya.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."