Nafsu Makan Melonjak Menjelang Haid, Bagaimana Mengendalikannya?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi nyeri haid. shutterstock.com

Ilustrasi nyeri haid. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Terjadi beberapa perubahan pada perempuan menjelang dan saat datang bulan atau haid. Biasanya mudah emosi dan nafsu makan meningkat dalam masa pra-menstruasi.

Baca juga:
Sedang Menstruasi, Hindari 5 Perawatan Kecantikan Ini
Perempuan Tulen yang Tidak Bisa Haid, Namanya Agenesis Vagina

Mengutip laman Boldsky, perubahan ini terjadi karena fluktuasi hormon estrogen dan progesteron. Menjelang haid, kedua hormon ini mengalami kenaikan dan penurunan dan berakibat pada lonjakan rasa lapar. Persoalannya, ada sebagian perempuan yang tidak bisa mengendalikan konsumsi makannya dalam masa ini.

Kondisi ini secara tidak langsung akan memicu stres karena berat badan naik. Buat kamu yang mengalami hal ini, berikut beberapa tips menghadapi nafsu makan yang meningkat drastis menjelang haid.

1. Bersikap baik pada diri sendiri
Jika merasa sangat lapar atau murung menjelang masa haid, tetaplah berbaik hati kepada diri sendiri. Jika merasa lapar dan ingin memakan sesuatu, ya makan saja. Namun, sebisa mungkin mengkonsumsi jenis makanan sehat dan dalam jumlah yang tepat.

2. Jangan membandingkan diri
Hal terburuk yang dilakukan kebanyakan wanita adalah membandingkan diri mereka dengan orang lain untuk urusan premenstrual syndrome atau PMS. Unsur yang dibandingkan pun banyak, di antaranya kenaikan berat badan sampai tingkat rasa sakit atau kram.

Ilustrasi perempuan sedang pilah pilih makanan. shutterstock.com

Satu hal yang perlu diingat, meski semua perempuan mendapatkan siklus haid setiap bulan atau dalam periode tertentu, mereka punya gejala dan kondisi yang berbeda-beda, begitu juga dengan kamu.

3. Olahtubuh
Jika mengalami kelelahan dan kram saat menstruasi, coba lakukan olah tubuh atau latihan ringan, seperti jalan santai atau yoga. Menyantap makanan yang tinggi serat, seperti buah-buatan dan sayuran, juga membuat tubuhmu lebih segar selama datang bulan.

Artikel terkait:
Anak Perempuan Sekarang Dapat Haid Lebih Awal, Kenapa?
Dilarang Minum Es Saat Menstruasi dan Penjelasan 3 Mitos Lainnya

4. Makan bijak
Hati-hati terhadap makanan yang mengandung sodium (bercitarasa asin dan gurih) karena zat ini akan membuatmu merasa kembung. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih kacang-kacangan kering, mengunyah permen karet, atau minum segelas air hangat.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."