Maya Septha Malah Khawatir Saat Berat Badan Turun 3 Kilogram

Maya Septha. TEMPO | Rini K

kesehatan

Maya Septha Malah Khawatir Saat Berat Badan Turun 3 Kilogram

Kamis, 26 April 2018 12:20 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika hampir semua orang ingin menurunkan berat badan hingga mencapai angka ideal, aktris Maya Septha justru khawatir saat berat badannya turun 3 kilogram. Pemain sinetron dan pembawa acara ini memiliki prinsip 'cara hidup saat ini menentukan masa tua besok'.

Baca juga:11 Cara Kurus Tanpa DietBerat Badan Naik Turun Saat Diet, Simak Penjelasan Dokter

"Memang usia di tangan Tuhan, tapi kondisinya di tangan kita. Aku mau umur panjang dengan tubuh yang sehat," kata Maya Septha di Jakarta, Selasa 24 April 2018. Perempuan dengan tinggi 165 sentimeter dan berat 54 kilogram ini menceritakan saat dia terkejut berat badannya turun 3 kilogram gara-gara terobsesi dengan gaya hidup sehat yang menghindari asupan gula dan karbohidrat.

Saat itu, menurut Maya Septha, dia sama sekali tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan karbohidrat. Hasilnya, dalam seminggu berat badannya turun 3 kilogram. "Setelah berat badan turun aku malah takut (kekurangan gizi) karena aku tidak mau kurus. Aku mau sehat," ucap perempuan 31 tahun ini. Lantaran merasa kekurangan asupan gula dan karbohidrat, saat itu juga Maya Septha menyantap sepiring spaghetti sampai habis.

Supaya berat badan stabil, Maya Septha menerapkan beberapa tips sehat, misalnya tidur cukup, banyak minum, dan mengurangi asupan gula dan karbohidrat. "Tidur harus delapan jam sehari. Caranya dengan memajukan jam tidur atau memundurkan jam bangun," ucapnya.

Maya Septha. TEMPO | Rini K

Soal makan, Maya Septha adalah tipe orang yang sedikit makan nasi namun banyak lauk. "Kalau orang cukup makan ayam sepotong, aku biasanya dua potong dengan sayur dan nasi sedikit saja," ujar Maya Septha. Dia sekeluarga juga anti-rokok dan langsung menjauh ketika ada orang di sekitarnya yang merokok atau tercium bau rokok.

Artikel terkait:Risiko Diet Kekinian Bagi Tubuh

Ketika hamil anak kedua, Kathleen Sidarta, bobot Maya Septha naik 18 kilogram atau hingga mencapai angka 70 kilogram. Namun berat badannya turun perlahan hingga mencapai angka semula dengan menyusui selama 13 bulan. "Begitu tidak menyusui lagi, berat badan malah naik 3 kilogram," kata dia.

Selain menjaga pola makan dan istirahat, Maya Septha berlatih krav maga -olahraga sekaligus bela diri dari Israel, setiap pekan selama 1,5 jam. "Berlatih gerakan menonjok selama 1 menit saja sudah capek banget. Badan berkeringat sampai baju menempel di badan," ucapnya.