Risiko Diet Kekinian Bagi Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi diet. shutterstock.com

Ilustrasi diet. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap perempuan memimpikan tubuh yang indah dan ideal. Segala cara akan dilakukan demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Tidak cukup olahraga, bahkan mereka melakukan diet atau mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan berat badan. 

Saat ini cukup banyak jenis diet yang dilakukan. Beberapa yang digandrungi masyarakat antara lain seperti diet mayo, diet ketogenik, dan diet intermittent fasting (IF). Apakah diet-diet tersebut baik untuk tubuh? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Diet Mayo
Diet ini menjanjikan penurunan berat badan sekitar 8-15 kilo gram dalam waktu 13–14 hari. Salah satu ciri khas dalam diet mayo adalah Anda dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung garam. Menurut dokter spesialis gizi klinis Diana F. Suganda dalam satu hari peserta diet mayo hanya boleh mengonsumsi makanan sejumlah 500-600 kalori per hari dari kebutuhan kalori harian manusia semestinya, yakni 1500–2000 kalori per hari. 

Baca juga: Manfaat Diet Alkali Berat Badan Turun dan Cegah Penyakit Kronis

Tidak mengherankan jika berat badan menyusut secara drastis dalam waktu singkat. “Selain itu, apakah yang hilang itu weight loss atau yang lain? Setelah ditelaah, diet ini tidak mengonsumsi garam. Kita tahu sifat garam atau natrium adalah menahan air di dalam tubuh sehingga ketika tubuh tidak mendapat asupan natrium otomatis tubuh tidak menahan cairan dan langsung dikeluarkan lewat urin. Jadi, yang susut itu bukan massa lemak tetapi massa air alias water loss," ujar Diana. 

2. Diet Ketogenik
Prinsip kerja diet ketogenik atau diet keto adalah membuat tubuh menuju kondisi ketosis yang dimanfaatkan untuk mengurangi massa tubuh. Sementara menurut dokter spesialis gizi klinik Marya Hartonodiet keto rendah karbohidrat mengandung komposisi makronutrisi lemak 60–85 persen. Sisanya dari sumber protein dan sebagian kecil karbohidrat.     

Sepintas terlihat sebagai diet yang bersahabat karena lemak langsung dibakar menjadi energi. Namun Diana mengingatkan, ada risiko penyakit jantung koroner yang harus dihadapi peserta diet keto ini. “Saya pernah punya pasien yang menjalani diet keto dan olahraga teratur selama satu tahun dan berat badannya turun 30 kilo gram. Tetapi ketika dia cek darahnya, profil lipid darahnya ‘merah’ semua. Kolesterol tinggi. Trigliserin tinggi. Ini meningkatkan risiko terjadinya plak di pembuluh darah hingga dapat memicu strok dan penyakit jantung koroner,” jelas dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya ini.

Baca juga: Rambu Diet Keto, Makanan Tinggi Lemak Asalkan

3. Intermittent Fasting (IF)
Jenis diet ini tidak membatasi jenis makanan yang diasup tetapi mengatur jendela makan menjadi 6 jam atau 8 jam per hari. Contoh dari diet ini adalah OCD. dr. Diana menuturkan, meski jenis makanan tidak dibatasi tetapi jumlah asupan harian yang dikonsumsi tidak akan memenuhi jumlah kebutuhan harian.

Ilustrasi diet. shutterstock.com

Prinsipnya seperti ketosis yakni tubuh mencari sumber energi ketika tidak ada asupan yang masuk. Diana menambahkan, diet ini dapat diterapkan untuk orang yang tidak memiliki riwayat diabetes, perempuan hamil, atau ibu menyusui. Sebab, mereka tidak membutuhkan energi yang lebih banyak dari orang biasa.

Lebih lanjut Diana menyimpulkan bahwa prinsip diet-diet tersebut adalah jumlah kalori yang masuk lebih sedikit dari yang dikeluarkan sehingga berat badan akan berkurang drastis. Selain itu, diet-diet tersebut bersifat sementara. Artinya jika berat badan yang diinginkan sudah tercapai maka diet dihentikan. 

Baca juga: Berat Badan Naik Turun Saat Diet, Simak Penjelasan Dokter

“Ketika diet telah usai, kita menjadi cravy dan akhirnya kalap makan. Kalau sudah seperti itu, berat badan akan naik lagi dan akhirnya mulai lagi dietnya dari awal bagai siklus. Oleh karenanya, diet yang paling aman dilakukan adalah diet gizi seimbang. Artinya orang tetap makan makanan yang beragam tetapi porsi dan jam makan diatur sesuai kebutuhan harian. Ingin menurunkan berat badan lebih sehat, selain diet jangan lupa olahraga,” tutupnya.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."