11 Cara Kurus Tanpa Diet

Ilustrasi diet. shutterstock.com

kesehatan

11 Cara Kurus Tanpa Diet

Jumat, 16 Maret 2018 12:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rita Nariswari

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada macam-macam pola diet dengan aturan berbeda-beda. Mungkin Anda pernah mencobanya beberapa. Tapi mengikuti pola diet bisa bikin stres, lihat saja pengalaman Demi Lovato. Dan juga sederet nama beken lain. Ingin yang simpel? Mungkin bisa ikut 11 panduan berikut ini. 

1. Tidur lebih lama di malam hariStudi dari University of Michigan, Amerika  Serikat mengungkapkan menambah 1 jam tidur setiap malam bisa menurunkan berat badan 6,4 kilogram per tahun.

Tidur ternyata menggantikan kebiasaan ngemil di malam hari sehingga bisa mengurangi saupan kalori sekitar 6 persen.Selain itu tidur kurang dari 7 jam bisa menaikkan napsu makan.

Baca: Ogah Diet, Marcella Zalianty Turunkan Berat Badan dengan Cara Ini

2. Tambah porsi sayuran dan buah Jangan hanya satu porsi sayuran atau buah di malam hari, tambah menjadi tiga porsi. Buah dan sayuran merupakan menu untuk mempercepat menurunkan berat badan. Dengan makan kedua bahan tersebut, perut kenyang dengan kalori rendah.

Baca: 8 Buah Ini, Harus Dihindari Pelaku Diet

Ilustrasi sup tomat. Shutterstock

3. Pilih sup Sup dengan kuah dengan cepat memicu rasa mengenyangkan tanpa kalori tinggi. Apalagi jenis sup bening dan banyak sayuran.

4. Konsumsi bijian utuh Pilih makanan berbahan gandum, barley atau nasi merah. Lebih menyehatkan dan berserat tinggi. Serta membantu menurunkan kolesterol.

5. Lewatkan daging Hindari menu dari berbagai daging sapi maupun kambing. Dengan menghindarinya, Anda bisa mengurangi masukan 100 kalori. 

Baca: Bedanya Diet Ketogenik dengan Ketofastosis, Plus Minusnya.

6. Kurangi soda Ganti minuman soda dengan air mineral. Dalam sebuah studi, terbukti minuman beroda bisa menaikkan badannya hingga 900 gram  dalam 4 minggu.

7. Gunakan gelas tinggi dan tipisPilih minum dari gelas tinggi dan tipis daripada gelas pendek tapi dengan diameter lebih lebar. Jika Anda meneguk minuman berkalori seperti jus, soda, wine, dan sejenisnya. Dengan gelas tinggi, Anda mengurangi porsi 25-30 persen dibanding gelas pendek dan lebar.

Ilustrasi teh hijau. TEMPO/Charisma Adristy

8. Minum teh hijauSejumlah studi menyebutkan teh hijau bisa membakar lemak  karena memiliki kandungan catechin. Selain itu, Anda bisa meneguk minuman segar kalori tinggi.

9. Makan di rumah Lebih banyak makan di rumah menjadi cara paling top untuk menurunkan berat badan. Pilih hidangan yang dimasak simpel.

10. Kecilkan porsi Sebuah studi menyebutkan ketika orang memilih porsi besa, cendeung  untuk tambah atau membuat porsi lebih besar. Karena itu kecilkan porsi, dan Anda bisa menurunkan asupan kalori per hari antara 100-200 kalori per hari. Kemudian biasanya makan tidak sampai perut terasa penuh. 

11. Olahraga lebih giat Bila semula hanya satu kali seminggu, tambahkan menjadi 3 kali. Bisa juga selain berolahraga, cari  kegiatan di rumah yang menguras tenaga. Berat badan pun lebih cepat turun.