11 Cara Kurus Tanpa Diet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rita Nariswari

google-image
Ilustrasi diet. shutterstock.com

Ilustrasi diet. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada macam-macam pola diet dengan aturan berbeda-beda. Mungkin Anda pernah mencobanya beberapa. Tapi mengikuti pola diet bisa bikin stres, lihat saja pengalaman Demi Lovato. Dan juga sederet nama beken lain. Ingin yang simpel? Mungkin bisa ikut 11 panduan berikut ini. 

1. Tidur lebih lama di malam hari
Studi dari University of Michigan, Amerika  Serikat mengungkapkan menambah 1 jam tidur setiap malam bisa menurunkan berat badan 6,4 kilogram per tahun.

Tidur ternyata menggantikan kebiasaan ngemil di malam hari sehingga bisa mengurangi saupan kalori sekitar 6 persen.Selain itu tidur kurang dari 7 jam bisa menaikkan napsu makan.

Baca: Ogah Diet, Marcella Zalianty Turunkan Berat Badan dengan Cara Ini

2. Tambah porsi sayuran dan buah
Jangan hanya satu porsi sayuran atau buah di malam hari, tambah menjadi tiga porsi. Buah dan sayuran merupakan menu untuk mempercepat menurunkan berat badan. Dengan makan kedua bahan tersebut, perut kenyang dengan kalori rendah.

Baca: 8 Buah Ini, Harus Dihindari Pelaku Diet

Ilustrasi sup tomat. Shutterstock

3. Pilih sup
Sup dengan kuah dengan cepat memicu rasa mengenyangkan tanpa kalori tinggi. Apalagi jenis sup bening dan banyak sayuran.

4. Konsumsi bijian utuh
Pilih makanan berbahan gandum, barley atau nasi merah. Lebih menyehatkan dan berserat tinggi. Serta membantu menurunkan kolesterol.

5. Lewatkan daging
Hindari menu dari berbagai daging sapi maupun kambing. Dengan menghindarinya, Anda bisa mengurangi masukan 100 kalori. 

Baca: Bedanya Diet Ketogenik dengan Ketofastosis, Plus Minusnya.

6. Kurangi soda 
Ganti minuman soda dengan air mineral. Dalam sebuah studi, terbukti minuman beroda bisa menaikkan badannya hingga 900 gram  dalam 4 minggu.

7. Gunakan gelas tinggi dan tipis
Pilih minum dari gelas tinggi dan tipis daripada gelas pendek tapi dengan diameter lebih lebar. Jika Anda meneguk minuman berkalori seperti jus, soda, wine, dan sejenisnya. Dengan gelas tinggi, Anda mengurangi porsi 25-30 persen dibanding gelas pendek dan lebar.

Ilustrasi teh hijau. TEMPO/Charisma Adristy

8. Minum teh hijau
Sejumlah studi menyebutkan teh hijau bisa membakar lemak  karena memiliki kandungan catechin. Selain itu, Anda bisa meneguk minuman segar kalori tinggi.

9. Makan di rumah
Lebih banyak makan di rumah menjadi cara paling top untuk menurunkan berat badan. Pilih hidangan yang dimasak simpel.

10. Kecilkan porsi
Sebuah studi menyebutkan ketika orang memilih porsi besa, cendeung  untuk tambah atau membuat porsi lebih besar. Karena itu kecilkan porsi, dan Anda bisa menurunkan asupan kalori per hari antara 100-200 kalori per hari. Kemudian biasanya makan tidak sampai perut terasa penuh. 

11. Olahraga lebih giat
Bila semula hanya satu kali seminggu, tambahkan menjadi 3 kali. Bisa juga selain berolahraga, cari  kegiatan di rumah yang menguras tenaga. Berat badan pun lebih cepat turun.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."