Sebab Perempuan Bertubuh Pendek Susah Langsing

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wanita tinggi dan pendek. shutterstock.com

Ilustrasi wanita tinggi dan pendek. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap perempuan menginginkan tubuh yang ideal. Tak sedikit yang berusaha menurunkan berat badan dengan beragam cara. Namun perempuan yang bertubuh pendek lebih sulit menurunkan berat badan.

Baca juga:
Perempuan Tulen yang Tidak Bisa Haid, Namanya Agenesis Vagina
Adik Ingin Melangkahi Kakak Menikah, Orang Tua Mesti Bagaimana?

Presiden Obesity Medicine Association, Craig Primack mengatakan perempuan bertubuh pendek memiliki metabolisme yang lebih lambat. Dia menjelaskan rata-rata wanita memiliki tingkat metabolisme basal (BMR) 1.400 kalori per hari. Artinya, jika dia berbaring di tempat tidur selama 24 jam, dia akan membakar 1.400 kalori.

"Perempuan yang lebih pendek dari 152 sentimeter memiliki BMR 1.200 kalori, sedangkan yang tingginya sekitar 179 sentimeter BMR-nya 1.750 kalori per hari," ujar Craig Primack seperti dikutip dari Women’s Health. Ini menunjukkan semakin kecil tubuh perempuan, maka semakin sedikit energi yang dibutuhkan juga semakin sedikit kalori yang terbakar.

Craig Primack menambahkan, tubuh yang pendek secara alami memilki sedikit massa tubuh tanpa lemak. Hal itu mencakup organ, tulang dan jaringan ikat —segala sesuatu yang bukan lemak atau air. Massa tubuh tanpa lemak adalah faktor terbesar yang menentukan berapa banyak kalori yang terbakar saat istirahat, berjalan, dan berolahraga.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Plos One menunjukkan ukuran organ tubuh, yakni ginjal, otak, hati, dan otot menyumbang 43 persen perbedaan antara tingkat metabolisme basal setiap orang. Ukuran organ sebanding dengan postur tubuh secara keseluruhan. Jadi, ahli nutrisi dan pelatih kebugaran Marie Spano mengatakan, perempuan yang bertubuh pendek memiliki organ yang lebih kecil ketimbang perempuan yang lebih tinggi.

Artikel lainnya:
Anak Perempuan Sekarang Dapat Haid Lebih Awal, Kenapa?

Mereka yang bertubuh pendek juga cenderung memiliki otot yang lebih sedikit. Marie Spano mencatat setiap 0,45 kilogram otot mampu membakar sekitar 6 kalori per hari saat istirahat atau saat tubuh tidak dalam kondisi berolahraga.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."