Anak Perempuan Sekarang Dapat Haid Lebih Awal, Kenapa?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi nyeri haid. shutterstock.com

Ilustrasi nyeri haid. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu-ibu mulai bersiap jika anak perempuan mereka sudah masuk usia belasan tahun. Sebab, pada masa ini biasanya mereka sudah mulai mendapatkan haid.

Baca juga:
Siklus Menstruasi dan Gejala Haid yang Tidak Normal
Cara Novita Angie Ajarkan Putrinya tentang Menstruasi Sejak Dini

Namun sekarang, ada anak yang memiliki siklus bulanan lebih awal, misalnya mendapat haid saat umur 8 tahun. Sedangkan pada zaman ibu-ibu mereka, biasanya mendapatkan menstruasi pertama terjadi pada usia 12-15 tahun.

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Grace Valentine, menjelaskan tentang penyebab perubahan ini. "Gaya hidup mempengaruhi impuls atau rangsangan ke otak sehingga sinyal-sinyal dari otak membuat tubuh mengalami haid lebih cepat dari biasanya," kata Grace Valentine di Jakarta.

Ilustrasi menstruasi. India Times

Dia menjelaskan, ada dua sumber produksi hormon yang mempengaruhi siklus menstruasi. Hormon yang pertama bersumber dari hipotalamus pada otak, dan kedua adalah ovarium. Kedua sumber itu menghasilkan hormon estrogen dan progesteron dalam kadar tertentu.

Artikel terkait:
Dilarang Minum Es Saat Menstruasi dan Penjelasan 3 Mitos Lainnya

"Jika payudara tidak membesar, tidak tumbuh rambut kemaluan, maka batasnya menstruasi pertama sampai 14 tahun. Atau batas akhirnya sampai 16 tahun kalau ada pertumbuhan payudara, muncul rambut kemaluan, tapi belum haid," ucap Grace.

Jika pada usia tersebut belum juga mengalami haid, Grace Valentine menganjurkan segera berkonsultasi ke dokter. "Kemungkinan akibat gangguan hormon di otak atau gangguan kromosom," ucapnya.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."