Harapan Baru Penderita Endometriosis

health

Cara Membedakan Kram Menstruasi dan Nyeri Endometriosis, Waspada Nyeri Panggul Kronis

Minggu, 25 Februari 2024 09:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagian besar wanita mengalami ketidaknyamanan selama siklus menstruasi bulanannya, yang biasa disebut kram menstruasi. Kram ringan hingga sedang, kembung, dan mudah tersinggung sering terjadi selama periode ini dan pulih dengan sendirinya setelah beberapa hari. Namun, beberapa wanita mengalami rasa sakit yang luar biasa selama bulan-bulan ini, sehingga menyulitkan mereka untuk melakukan rutinitas normal.

Jika Anda mengalami nyeri hebat, jangan menganggapnya sebagai hal yang normal, karena ini bisa mengindikasikan dismenore primer atau endometriosis. Endometriosis adalah suatu kondisi dimana sel-sel yang mirip dengan lapisan rahim, atau endometrium, tumbuh di luar rahim dan menyebabkan nyeri panggul yang parah. Berikut cara membedakan kram menstruasi biasa dan nyeri akibat endometriosis

Seberapa umumkah kram menstruasi?

“Lebih dari 80n persen wanita mengalami kram selama siklus menstruasi, dengan gejala yang berbeda-beda pada setiap orang. Meskipun kram ringan sering terjadi, kram yang parah dan berkepanjangan tidak boleh diabaikan. Kram menstruasi terjadi saat rahim berkontraksi untuk melepaskan lapisannya, sehingga mengakibatkan dalam peradangan dan sakit perut," kata Dr Arpana Jain, Direktur - Obstetri dan Ginekologi, Rumah Sakit Fortis Shalimar Bagh.

Kram menstruasi, juga disebut dismenore, mengganggu hingga 80% wanita pada suatu saat dalam hidup mereka. Kram ini biasanya dianggap sebagai bagian normal dari siklus menstruasi, terutama selama masa remaja dan awal masa dewasa. Ini adalah nyeri perut atau panggul yang disebabkan oleh prostaglandin yang dilepaskan ketika rahim berkontraksi untuk melepaskan lapisannya.

Kram dapat bervariasi intensitasnya dari ringan hingga parah dan dapat disertai nyeri punggung bagian bawah, mual, diare, dan sakit kepala. Kram ringan sering terjadi dan biasanya dapat diatasi dengan pengobatan rumahan seperti terapi panas , olahraga ringan atau pereda nyeri ringan. Namun, terkadang kram menstruasi menjadi parah atau melemahkan dan dapat mulai memengaruhi kualitas hidup. Hal ini dapat menimbulkan kecurigaan terhadap kondisi mendasar seperti endometriosis," kata Dr Astha Dayal, Konsultan Utama, Obstetri dan Ginekologi, Rumah Sakit CK Birla, Gurugram.

Apakah endometriosis menjadi penyebab nyeri haid yang parah?

<!--more-->

Endometriosis adalah suatu kondisi kronis dimana jaringan yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh di luar rahim. Hal ini biasanya terlihat pada pertengahan usia 30-an dan dapat mempengaruhi sekitar 10 persen wanita, meskipun jumlah ini mungkin lebih tinggi karena kurangnya diagnosis atau kesalahan diagnosis. menyebabkan nyeri panggul yang parah, sering dikaitkan dengan menstruasi, serta gejala lain seperti infertilitas, kelelahan, dan masalah pencernaan,” kata Dr Dayal.

Biasanya dimulai beberapa hari sebelum menstruasi dan berlangsung 1-2 hari, kram ringan hingga sedang dapat diatasi dengan obat pereda nyeri. Namun, kram parah yang terus-menerus dan tidak memerlukan pengobatan memerlukan perhatian medis.

"Endometriosis, yang ditandai dengan nyeri panggul yang terus-menerus sebelum dan selama menstruasi, juga dapat menyebabkan nyeri saat berhubungan seksual dan buang air besar. Pendarahan yang tidak biasa bersamaan dengan nyeri panggul dapat mengindikasikan endometriosis, sehingga memerlukan evaluasi oleh penyedia layanan kesehatan untuk diagnosis dan penatalaksanaan yang tepat. Jangan mengalami menstruasi yang parah. kram dalam diam; dapatkan bantuan medis untuk mengatasi potensi kondisi mendasar seperti endometriosis,” kata Dr Jain.

"Endometriosis adalah penyakit progresif dan terus meningkat setiap periodenya. Ini adalah penting untuk mendeteksi dan mengobatinya sejak dini guna membantu mengelola gejala dan meningkatkan kualitas hidup para wanita ini. Perawatannya terutama mencakup manajemen nyeri dan terapi hormonal atau operasi pengangkatan endometriosis,” kata Dr Dayal.

Kram menstruasi biasanya melibatkan nyeri panggul ringan hingga sedang yang biasanya mereda dengan obat pereda nyeri yang dijual bebas. Sebaliknya, endometriosis sering menyebabkan nyeri panggul parah yang mungkin tidak merespons dengan baik metode pereda nyeri standar. "Sementara kram menstruasi biasanya berlangsung lama. selama beberapa hari selama menstruasi, nyeri terkait endometriosis dapat terjadi kapan saja selama siklus menstruasi dan mungkin menetap setelah periode menstruasi,” kata Dr Garima Sawhney, Ginekolog Senior dan Salah Satu Pendiri, Pristyn Care.

"Endometriosis dapat muncul dengan gejala tambahan seperti pendarahan menstruasi yang banyak, nyeri saat berhubungan seksual, infertilitas, masalah pencernaan, dan kelelahan. Gejala-gejala ini lebih jarang dikaitkan dengan kram menstruasi yang khas. Jika Anda mengalami nyeri panggul yang parah atau melemahkan, sangat penting untuk segera menghilangkannya. konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat. Mengabaikan gejala dapat menunda diagnosis dan pengobatan kondisi seperti endometriosis, yang dapat memburuk seiring berjalannya waktu jika tidak ditangani," kata Dr Sawhney.

Perbedaan antara nyeri haid biasa dan endometriosis

Endometriosis adalah kondisi yang sering disalahpahami dan sering disalahartikan sebagai nyeri haid biasa. Namun ada perbedaan antara kedua kondisi tersebut yang perlu dipahami. Meskipun keduanya dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan kram, perbedaan utamanya terletak pada tingkat keparahan dan menetapnya gejala.

Dr Swati Gaikwad, Konsultan Ahli Obstetri & Ginekologi berbagi cara membedakan endometriosis dan nyeri haid.

1. Nyeri endometriosis berlangsung lebih lama

Nyeri haid yang teratur biasanya dapat diatasi dengan obat pereda nyeri yang dijual bebas dan biasanya mereda dalam beberapa hari. Di sisi lain, nyeri endometriosis sering kali digambarkan sangat menyiksa dan dapat berlanjut hingga melampaui siklus menstruasi. Penting untuk memperhatikan sinyal tubuh Anda dan mencari nasihat medis jika Anda menduga nyeri haid Anda mungkin lebih dari sekadar ketidaknyamanan biasa.

2. Endometriosis dapat menyebabkan nyeri panggul kronis

Endometriosis dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak ditangani, termasuk masalah kesuburan dan nyeri panggul kronis. Dengan memahami perbedaan antara nyeri haid biasa dan endometriosis, individu dapat melakukan advokasi untuk kesehatan mereka dan berupaya mencapai strategi manajemen yang efektif yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

3. Obat pereda nyeri yang dijual bebas tidak bekerja dengan baik untuk mengatasi nyeri endometriosis

Nyeri haid dan endometriosis sering kali digabungkan, namun manifestasi dan dampaknya berbeda pada kehidupan seseorang. Meskipun nyeri haid adalah ketidaknyamanan umum yang dialami oleh banyak orang yang sedang menstruasi, endometriosis lebih dari sekadar kram biasa. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang parah dan melemahkan yang tidak hilang dengan pengobatan yang dijual bebas. Penderita endometriosis juga mungkin mengalami gejala seperti pendarahan hebat, kelelahan, masalah pencernaan, dan infertilitas yang biasanya tidak berhubungan dengan kram menstruasi biasa.

4. Diagnosis endometriosis dapat menjadi tantangan

Selain itu, proses diagnosis endometriosis dapat menjadi tantangan karena gejalanya yang bervariasi dan kurangnya tes yang pasti. Banyak orang dengan kondisi ini mengalami kesalahan diagnosis selama bertahun-tahun atau mengabaikan gejalanya sebelum menerima perawatan yang tepat. Diagnosis yang tertunda ini dapat menimbulkan konsekuensi yang signifikan terhadap kesehatan fisik dan mental mereka, sehingga menyoroti perlunya peningkatan kesadaran dan pemahaman tentang endometriosis.

“Sangat penting untuk membedakan antara nyeri haid dan endometriosis untuk memastikan mereka yang menderita kondisi kronis ini mendapatkan dukungan dan pengobatan yang mereka perlukan untuk mengelola gejalanya secara efektif. Dianjurkan untuk hanya mengikuti instruksi yang diberikan oleh dokter yang merawat. obat apa pun yang Anda konsumsi sendiri karena hal itu dapat berisiko bagi Anda," kata Dr Gaikwad.

Pilihan Editor: Cara Redakan Kram Menstruasi Menurut Dokter Obgyn

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika