Selena Gomez dalam video musik Single Soon yang dirilis pada Jumat, 25 Agustus 2023. (YouTube Selena Gomez)

finance_career

Perjalanan Karier Selena Gomez di Akting dan Musik, Lebih dari Dua Dekade

Minggu, 14 Januari 2024 22:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dari terjun ke dunia hiburan melalui Disney Channel, nama Selena Gomez dengan cepat menjadi bintanv pop remaja, dan kemudian menjadi salah satu penyanyi pop paling populer saat ini.

Sejak memulai dunia akting, Selena dengan cepat menunjukkan bahwa dia adalah kekuatan yang harus diperhitungkan dalam hal musik, namun di awal tahun ini dia menyampaikan kejutan bahwa dia mungkin pensiun dari musik.

Terlepas dari kemungkinan perempuan 31 tahun itu pensiun atau rehat dari musik, berikut kilasan perjalanan kariernya yang dirintis lebih dari 20 tahun atau dua dekade lalu.

2002-2004: Penampilan Perdana di Barney & Friends

Pada tahun 2002, Selena mengambil langkah pertamanya ke dunia showbiz, setelah merasakan dunia hiburan dari menonton ibunya mempersiapkan produksi panggung. Muncul di serial TV anak-anak populer Barney & Friends, Selena memainkan karakter bernama Gianna, bersama calon sahabatnya, Demi Lovato .

Selena tampil dalam total 13 episode, hingga tahun 2004. Mengenai perannya di acara itu, penyanyi tersebut mengatakan: "Saya sangat pemalu ketika saya masih kecil. Saya tidak tahu apa itu 'hak kamera'. Saya tidak tahu apa itu pemblokiran. Saya belajar semuanya dari Barney," jelasnya dikutip dari Planet Radio, 3 Januari 2024.

2006-2007: Peran pertama Selena di Disney

Setelah penampilannya di Barney & Friends, Selena mengambil peran kecil dalam film seperti Spy Kids 3-D: Game Over (2003) dan Walker, Texas Ranger: Trial by Fire (2005).

Saat itulah pada tahun 2006 dia melangkah ke dunia Disney Channel, menjadi bintang tamu dalam seri dua episode serial populer The Suite Life of Zack & Cody. Selena berperan sebagai Gwen, seorang gadis muda yang menemukan dirinya dalam cinta segitiga dengan si kembar.

Setahun kemudian, pada tahun 2007, Selena mengantongi peran berulang dalam acara Disney Channel terkenal lainnya, Hannah Montana. Muncul secara sporadis sebagai saingan bintang pop Hannah, Mikayla, dia menunjukkan bakat musiknya di acara itu dengan menyanyikan lagunya If Cupid Had a Heart.

Selena Gomez. Foto: Instagram/@selenagomez

2007: Membintangi Wizards of Waverly Place

Menyusul kemunculannya sebagai bintang tamu di acara Disney Channel, pada tahun 2007 Selena mengokohkan status idola remajanya ketika dia mengantongi peran Alex Russo, di Disney Wizards of Waverly Place.

Acara tersebut dengan cepat menjadi salah satu yang paling sukses di Disney Channel. Hingga saat ini Selena juga menjadi salah satu dari 10 bintang TV anak-anak dengan bayaran tertinggi sepanjang masa.

Acara tersebut mengikuti seorang gadis remaja (Alex) dalam keluarga penyihir yang memiliki sebuah restoran di New York, berlangsung selama lima tahun, merilis musim keempat dan terakhirnya pada tahun 2012.

2008: Lebih banyak film dan soundtrack

Saat mengerjakan Wizards of Waverly Place, wajar untuk mengatakan bahwa Selena sedang sibuk! Bersamaan dengan syuting musim kedua, aktris ini menjadi pengisi suara karakter Helga dalam film animasi Horton Hears a Who!, serta mengantongi peran utama Mary Santiago dalam film Another Cinderella Story.

Berkat penampilannya dalam Another Cinderella Story, Selena memenangkan Young Artist Award yang diberikan oleh Young Artist Foundation. Tak hanya itu, Selena bahkan menyumbangkan tiga lagu untuk soundtrack film tersebut termasuk entri pertamanya di US Billboard Hot 100 Chart, Tell Me Something I Don't Know.

2009: Selena Gomez & the Scene

Setelah menandatangani kontrak rekaman dengan Hollywood Records pada tahun 2008, di usianya yang baru 16 tahun, Selena membentuk band pop remajanya sendiri, Selena Gomez & the Scene.

Dari tahun 2009-2011, grup ini merilis total tiga album. Debut mereka pada bulan September 2009 Kiss & Tell, diikuti oleh A Year Without Rain pada bulan September 2010 dan When the Sun Goes Down pada bulan Juni 2011. Ketiga album tersebut mendapatkan sertifikasi Emas (penjualan album 500.000 keping) di Amerika, sementara semuanya mendapatkan sertifikasi Perak di Inggris.

Selena Gomez. Foto: Instagram/@selenagomez

2009: Selena membintangi Princess Protection Program bersama Demi Lovato

Selena bersama Demi Lovato membintangi film Princess Protection Program. Film ini ditayangkan pada bulan Juni 2009, meraup lebih dari 8,5 juta penonton selama penayangan perdananya. Tentu saja, Disney memanfaatkan bakat musik gadis-gadis itu saat pasangan tersebut merekam lagu untuk soundtrack film tersebut berjudul One and the Same.

2009: Raih Penghargaan di Kids Choice Award

Tahun 2009 juga menandai dimulainya lima tahun berturut-turut Selena sebagai Kids' Choice Award untuk Aktris TV Favorit. Penyanyi/aktris ini membawa pulang penghargaan tersebut pada tahun 2009-2013, sebelum Ariana Grande memenangkan penghargaan tersebut pada tahun 2014.

2010-2011: Selena mengalihkan perhatiannya ke musik

Pada tahun 2010, Selena & the Scene semakin populer dengan pesat, dengan lagu yang menduduki peringkat tinggi seperti Naturally dan Round & Round. Di tahun itu, grup tersebut mengadakan tur pertama mereka 'Selena Gomez & the Scene: Live in Concert'. Mereka juga meraih dua Teen Choice Awards, untuk Music Group dan Music Breakout Artist.

<!--more-->

2012: Spring Breakers, pengisi suara dan musik solo

Pada tahun 2012, Selena mulai mengambil peran yang lebih dewasa di layar, dimulai dengan perannya sebagai Faith di Spring Breakers. Film ini menampilkan pemeran all-star, termasuk Vanessa Hudgens, Ashley Benson, James Franco, dan Rachel Korine.

Meminjamkan bakat vokalnya ke dunia perfilman, Selena juga mengisi suara karakter Mavis Dracula di film animasi Hotel Transylvania.

Ini juga merupakan tahun di mana Selena mulai lebih fokus pada karier musik solonya, setelah mengumumkan bahwa Selena Gomez & the Scene sedang memasuki masa jeda. Dia juga mengungkapkan bahwa band ini tidak akan merilis album baru pada tahun itu, meskipun mereka meraih Teen Choice Award ketiga mereka untuk Grup Terbaik.

2013: Debut album solo Stars Dance

Pada Juli 2013, setahun setelah bandnya bubar, Selena merilis debut album solo bertajuk Stars Dance. Single utama dari debutnya adalah Come & Get It yang dia rilis tiga bulan sebelum album lengkap.

Single ini menjadi entri Top 10 pertamanya di Billboard Hot 100 Amerika, dan juga memuncak di Nomor 8 di Inggris. Video Come & Get It juga memenangkan Video Pop Terbaik di MTV Video Music Awards 2013.

Selena juga melakukan tur album pada bulan Agustus 2013 - namun, setelah melakukan perjalanan melalui Amerika Utara dan Eropa, dia membatalkan tur Australia dan Asia yang dijadwalkan pada bulan Desember tahun itu.

Penyanyi tersebut mengumumkan bahwa dia akan mengambil jeda untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya, kemudian mengambil waktu untuk beristirahat.

Menambah kesuksesannya di tahun 2013, Selena juga menjabat sebagai produser eksekutif di acara spesial Disney Channel The Wizards Return: Alex vs. Alex, yang juga ia bintangi lagi sebagai Alex Russo.

2014-2015: Album kompilasi, film dan The Heart Wants What It Wants

Meski meluangkan waktu untuk kesehatannya, Selena merilis album Greatest Hits pertamanya pada November 2014 yang bertajuk For You. Album ini mencakup materi solo dan Selena Gomez & the Scene, dan merupakan rilisan terakhirnya dengan Hollywood Records.

Berperan sebagai single utama dari album, Selena merilis The Heart Wants What It Wants, yang menjadi hit Top 10 keduanya di AS, memuncak pada posisi 30 di UK Chart.

Sepanjang tahun 2014 dan 2015, Selena juga tampil di berbagai film, antara lain Behaving Badly dan Rudderless.

Selena Gomez. Instagram.com/@selenagomez

2015: Kolaborasi besar dan Good For You

Pada tahun 2015, saat dia sedang mengerjakan album keduanya, Selena merilis kolaborasi besar dengan DJ Jerman Zedd. Dirilis pada bulan Februari tahun itu, lagu tersebut diberi judul I Want You to Know, dan langsung menjadi hit di kalangan penggemar. Mencetak tempat Nomor 4 di UK Dance Chart, lagu ini juga mencapai Nomor 14 di UK Singles Chart.

Lagu Good For You yang berkolaborasi dengan rapper Amerika ASAP Rocky meraih kesuksesan yang tak terbantahkan. Lagu tersebut debut di Nomor 1 di Digital Songs Chart, dan juga meraih minggu penjualan terbaik untuk sebuah single dalam karirnya.

2015: Revival

Pada 9 Oktober 2015, Selena merilis album keduanya yang bertajuk Revival. Ini adalah album pertamanya sejak berpisah dengan Hollywood Records.

Revival dirilis oleh Interscope Records, dan sekarang mendapatkan sertifikasi Emas di Inggris. Bersama-sama menulis 12 dari 16 lagu, album ini mencerminkan perjalanannya dengan sorotan media sejak 2013.

Lagu-lagu di album ini termasuk lagu tituler, serta Kill Em with Kindness, Me & the Rhythm, dan hit bop Hands to Myself, yang mencapai Nomor 14 di UK Chart.

Album ini - terutama dance-pop - juga menggabungkan elektro-pop dengan getaran R & B di seluruh bagiannya. Rolling Stone menggambarkannya sebagai suara artis pop baru yang tumbuh menjadi kekuatan yang belum pernah ada sebelumnya.

2016: Tur dan kolaborasi

Mulai Mei 2016, Selena memulai "Revival Tour" di seluruh dunia, namun terpaksa membatalkan pertunjukan terakhirnya di Eropa dan Amerika Selatan pada bulan Agustus karena kesehatannya, setelah didiagnosis menderita Lupus pada tahun 2014.

Mulai mengerjakan album ketiganya, Selena menyenangkan para penggemarnya. saat ia merilis kolaborasi dengan Charlie Puth, berupa single We Don't Talk Anymore. Sukses secara internasional, lagu ini mencapai posisi Nomor 14 di UK Chart dan sekarang disertifikasi Platinum oleh BPI. Selain itu, dengan lebih dari 3 miliar penayangan, video musik tersebut menjadi video musik YouTube yang paling banyak ditonton yang diterbitkan pada tahun 2016.

2016: Orang yang paling banyak diikuti di Instagram dan penghargaan

Setelah meluangkan waktu untuk fokus pada kesehatan mentalnya, Selena terlihat absen dari acara sosialnya. Meski begitu, Selena menjadi orang yang paling banyak diikuti di Instagram, dan juga orang pertama yang mencapai 100 juta pengikut.

Pada tanggal 20 November 2016, dia membuat penampilan pertamanya sejak mengambil cuti ketika dia tampil di American Music Awards 2016. Dinominasikan untuk dua penghargaan, Selena membawa pulang penghargaan untuk Artis Wanita Pop/Rock Favorit.

Dia juga dinominasikan untuk dua penghargaan di Billboard Music Awards 2016, serta masuk dalam daftar 30 Under 30 Forbes, dalam kategori musik.

2017: It Ain't Me dengan Kygo

Pada 16 Februari 2017, Selena merilis salah satu kolaborasi terpopulernya hingga saat ini It Ain't Me, dengan DJ Norwegia Kygo. Pasangan ini merilis lagu tersebut bersama-sama, dan mencapai Top 10 di sebagian besar tangga lagu musik utama di seluruh dunia, termasuk Inggris. Memuncak di Nomor 7 di UK Singles Chart, dan Nomor 2 di UK Dance Chart, lagu ini juga menerima banyak nominasi untuk penghargaan besar di seluruh dunia.

Selena Gomez dalam film dokumenter Selena Gomez: My Mind and Me yang tayang di Apple TV+. Foto: Instagram Selena Gomez.

2017: 13 Reasons Why

Pun pada tahun 2017, Selena menjabat sebagai produser eksekutif untuk adaptasi seri 13 Reasons Why - sebuah novel dewasa muda yang aslinya ditulis oleh Jay Asher pada tahun 2007. Acara ini digambarkan sebagai drama remaja masa depan, yang berhubungan dengan subjek-subjek yang menyentuh hati. seperti bunuh diri dan kesehatan mental.

Di acara itu, Selena berkata: "Kami tetap setia pada bukunya dan pada awalnya apa yang (penulis) Jay Asher ciptakan adalah kisah yang sangat tragis, rumit namun menegangkan dan saya pikir itulah yang ingin kami lakukan. Kami ingin melakukannya dengan adil dan, ya, (serangan baliknya) akan datang apa pun yang terjadi. Ini bukan topik yang mudah untuk dibicarakan, tapi saya sangat beruntung dengan hasilnya."

Tayang perdana di Netflix pada bulan Maret 2017, acara tersebut - yang dibintangi oleh Dylan Minnette dan Katherine Langford - menjadi acara yang paling banyak di-tweet pada tahun itu, dan serial streaming orisinal yang paling banyak ditonton pada tahun 2018.

Serial TV tersebut berakhir pada Juni 2020, setelah empat musim. Sepanjang musim, Selena merekam beberapa lagu soundtrack, termasuk Back To You (musim kedua) dan versi cover dari lagu Only You (musim pertama).

2017: Bad Liar dan Wolves

Pada 18 Mei 2017, Selena merilis lagu besarnya Bad Liar. Bersamaan dengan lagu tersebut, ia merilis video musik vertikal, secara eksklusif melalui Spotify - menandai pemutaran perdana video musik pertama di platform streaming tersebut.

Dengan peringkat Billboard Bad Liar sebagai lagu terbaik tahun 2017, lagu ini secara luas dianggap sebagai lagu terbaik Selena. Pada bulan Juli, dia kemudian merilis single Fetish.

Kemudian, pada 25 Oktober 2017, Selena bekerja sama dengan produser EDM Marshmello di lagu mereka Wolves. Lagu ini sukses besar, mencapai Top 10 di tangga lagu di Inggris, Australia, Kanada, dan banyak negara di Eropa.

Mengakhiri tahun yang luar biasa, Selena dinobatkan sebagai Woman of the Year versi Billboard.

2018: Taki Taki dengan Cardi B, Ozuna dan DJ Snake

Pada bulan September 2018, Selena tampil di lagu DJ Snake Taki Taki bersama dengan ikon rap Cardi B dan Ozuna. Lagu ini mencapai posisi ke-15 di UK Chart, menempati posisi Nomor 3 di UK Dance Chart.

Dinominasikan untuk berbagai penghargaan, lagu ini membawa pulang dua Penghargaan Musik Amerika Latin, serta sebuah Penghargaan Milenial MTV.

Pada titik ini, sejak tahun 2011, Selena mencatatkan 16 lagu Top 40 berturut-turut berturut-turut di Billboard Hot 100, yang merupakan masa aktif terlama dibandingkan artis mana pun. Pada bulan November, Gomez menjadi artis Spotify yang paling banyak diputar pada saat itu - melampaui Drake - dengan 46 juta pendengar bulanan, meskipun belum merilis album sejak tahun 2015.

<!--more-->

2019: Lagu dan film baru

Pada tahun 2019, Selena tampil dalam beberapa film, termasuk The Dead Don't Die, di mana dia berperan sebagai Zoe, dan A Rainy Day in New York - bersama Timothée Chalamet dan Elle Fanning - di mana dia berperan sebagai Chan Tyrell.

Pada tahun 2019, dia juga kembali berperan sebagai produser eksekutif - kali ini untuk serial dokumenter Netflix Living Undocumented, yang mengikuti delapan keluarga tidak berdokumen di Amerika.

Pada bulan Oktober 2019, Selena rilis lagu Lose You to Love Me yang penuh emosi. Lagu tersebut menjadi single utama dari album solo ketiganya.

2019-2020: Album solo ketiga

Selena merilis Lose You to Love Me pada tanggal 23 Oktober 2019, satu hari kemudian dia secara mengejutkan merilis lagu berikutnya dari album ketiganya, Look at Her Now.

Lose You to Love Me menjadi lagu Nomor 1 pertamanya di Amerik dan Kanada, sekaligus mencapai posisi Nomor 3 di UK Chart. Kisah lagu ini dianggap tentang mantan pacarnya Justin Bieber, di mana mereka dari tahun sebelumnya.

Album solo ketiganya yang sangat dinanti-nantikan, Rare, kemudian dirilis pada 10 Januari 2020. Rare menjadi album Nomor 1 ketiga berturut-turut di Amerika, juga mencapai posisi Nomor 2 di Inggris. Secara luas dianggap sebagai album terbaiknya, Variety mendeskripsikan karyanya sebagai musik yang canggih, ditulis dengan tepat, dan diproduksi dengan ahli.

2020: Dolittle

Meminjamkan bakat vokalnya ke dunia perfilman sekali lagi - setelah mengisi suara karakter di tiga film Hotel Transylvania, Selena mengisi suara jerapah di film petualangan Dolittle. Film tersebut dibintangi oleh Robert Downey Jr., dan merupakan salah satu dari banyak film animasi yang karakternya diisi oleh Selena.

Merek kecantikan Rare Beauty milik Selena Gomez meluncurkan minyak bibir atau tinted lip oil baru yang diklaim tidak lengket dan lebih menghidrasi/Foto: Instagram/Selena Gomez

2020: Selena meluncurkan lini kecantikan Rare Beauty

Pada bulan September 2020, Selena membuat penggemarnya terpesona ketika dia meluncurkan lini riasannya sendiri, yang disebut Rare Beauty. Mengambil inspirasi dari album ketiganya - yang berjudul 'Rare' - perusahaan ini bertujuan untuk 'mendobrak standar kesempurnaan yang tidak realistis', melalui mempromosikan inklusivitas serta menangani inisiatif kesehatan mental dan pendidikan.

Sebagai bagian dari program ini, 1 persen dari seluruh penjualan disumbangkan ke Rare Beauty Impact Fund, sebagai bentuk penghormatan terhadap komitmen mereka dalam memberikan akses terhadap sumber daya yang mereka perlukan untuk mendukung kesehatan mental.

Produk riasan tersebut kini tersedia secara internasional, dengan lini produk yang dinobatkan sebagai Startup of the Year di WWD Beauty Inc Awards 2020.

2021-sekarang: Only Murders in the Building

Pada tahun 2021, Selena membintangi, dan juga menjadi produser eksekutif, serial Hulu/Disney+ Only Murders in the Building. Di serial itu, dia beradu akting dengan Steve Martin dan Martin Short. Dua musim serial tersebut sudah tersedia di layanan streaming, dan musim ketiga sedang dalam proses.

Serial drama komedi misteri Amerika ini mengikuti tiga orang asing, yang memiliki minat yang sama pada podcast kriminal sejati, saat mereka bekerja sama untuk menyelidiki kematian di gedung apartemen mereka.

Berkat perannya, Selena mendapatkan banyak nominasi penghargaan, termasuk Golden Globe Awards dan People's Choice Awards. Acara ini juga telah dinominasikan untuk Emmy Awards yang tak terhitung jumlahnya, sejauh ini memenangkan tiga penghargaan.

2022: My Mind & Me

Dirilis pada 4 November 2023 di Apple TV+, film dokumenter My Mind & Me disutradarai oleh Alek Keshishian mengisahkan perjalanan kesehatan mental Selena Gomez selama bertahun-tahun ketenarannya. Mengikuti jejaknya selama enam tahun, film ini mendokumentasikan perjuangan fisik dan mentalnya selama bertahun-tahun, setelah dia didiagnosis menderita lupus dan gangguan bipolar.

2023: Lagu baru

Pada Agustus 2023, Selena Gomez merilis Single Soon tentang bahagia dalam status lajang. Dia pun menggoda bahwa album keempatnya sedang dalam proses.

PLANET RADIO