Mengenang Desainer Roberto Cavalli, Begini Perjalanan Kariernya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Perancang busana ternama Roberto Cavalli yang menggambar tubuh Beyonce menjadi kurus kerempeng. Zimbio.com

Perancang busana ternama Roberto Cavalli yang menggambar tubuh Beyonce menjadi kurus kerempeng. Zimbio.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer asal Italia, Roberto Cavalli meninggal pada Jumat, 12 April 2024. Dia wafat dalam usia 83 tahun. Kantor berita Italia ANSA melaporkan bahwa dia meninggal di rumahnya di Florence setelah lama sakit.

Lewat akun Instagram resmi merek yang didirikannya pada tahun 1970, berita kematiannya diumumkan.

"Dengan sangat sedih hari ini kami mengucapkan selamat tinggal terakhir kepada pendiri kami Roberto Cavalli. Dari awal yang sederhana di Florence Roberto berhasil menjadi nama yang diakui secara global, dicintai dan dihormati oleh semua orang," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Secara alami berbakat dan kreatif, Roberto percaya bahwa setiap orang dapat menemukan dan mengembangkan seniman dalam dirinya,” lanjut pesan tersebut. “Warisan Roberto Cavalli akan terus hidup melalui kreativitasnya, kecintaannya pada alam, dan melalui keluarga yang ia hargai.”

Adapun Fausto Puglisi, direktur kreatif merek tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Dear Roberto, Anda mungkin tidak lagi secara fisik berada di sini bersama kami, tetapi saya tahu saya akan selalu merasakan semangat Anda bersama saya. Merupakan kehormatan terbesar dalam karier saya untuk bekerja di bawah Anda warisan dan untuk menciptakan merek yang Anda dirikan dengan visi dan gaya seperti itu."

Bagi yang ingin mengenal lebih dekat mendiang Roberto Cavalli, berikut perjalanan kariernya.

Perjalanan Karier Roberto Cavalli

Roberto Cavalli berkarier dalam mendandani wanita dengan gaunnya yang sangat dekoratif, flamboyan, dan rumit. Detail diaplikasikan secara halus pada bentuk tubuh wanita dengan kepekaan pria Italia, telah menjadi gaya khas Cavalli.

Cavalli lahir pada 15 November 1940 di Florence, Tuscany. Kakeknya, Giuseppe Rossi, adalah anggota Gerakan Macchiaioli, yang karyanya dipamerkan di Galeri Uffizi. Cavalli memutuskan untuk mendaftar di Institut Seni setempat, berkonsentrasi pada pencetakan tekstil.

Saat masih menjadi mahasiswa, dia membuat serangkaian motif bunga pada rajutan yang menarik perhatian pabrik kaus kaki besar Italia.

Pada awal tahun 1970-an, dia menemukan dan mematenkan prosedur pencetakan revolusioner pada kulit, dan dia mulai membuat tambal sulam dari berbagai bahan. Dia memulai debut teknik ini di Paris, dan segera mendapatkan komisi dari orang-orang seperti Hermès dan Pierre Cardin.

Pada usia 30 tahun, dia mempersembahkan koleksi senama pertamanya untuk Prêt-à-Porter di Paris. Dia membawanya ke catwalk Sala Bianca di Palazzo Pitti di Florence, dan kemudian di Milano Collezioni, jeans yang terbuat dari denim bermotif, kulit intarsia, brokat, dan motif liar. Dia membuka butik pertamanya pada tahun 1972 di Saint-Tropez.

Pada tahun 1980 Cavalli menikah dengan Eva Düringer, rekan dan mitra bisnisnya. Di Milan pada tahun 1994 Cavalli menghadirkan jeans sand-blasted pertama. Pada bulan Desember tahun yang sama, dia tmembuka butik di Saint Barth di Karibia Prancis, diikuti oleh butik lainnya di Venesia.

Selain lini utama, yang dijual di lebih dari lima puluh negara di seluruh dunia, Roberto Cavalli mendesain RC Menswear, lini Just Cavalli yang ditujukan untuk kaum muda, diluncurkan pada tahun 1998 dan terdiri dari pakaian pria, pakaian dan aksesori wanita, parfum, pakaian dalam, dan pakaian pantai. Ada juga Angels & Devils, koleksi anak-anak, dan lini Class.

Pada tahun 2002 Cavalli membuka toko kafe pertamanya di Florence, memperbaruinya dengan motif binatang khasnya. Ini segera diikuti dengan pembukaan kafe Just Cavalli di Torre Branca di Milan, dan butik lainnya di Via della Spiga.

Meskipun terjadi pertumbuhan penjualan, pada tahun 2014 merek Cavalli mulai membukukan kerugian tahunan, terutama karena buruknya pencadangan utang. Keluarga tersebut kemudian menjual 90 persen saham perusahaan tersebut kepada Clessidra, seorang investor yang berfokus pada bisnis Italia pada tahun 2015.

Pada tahun 2019, setelah bertahun-tahun melakukan ekspansi besar-besaran, Cavalli kembali mengalami masa-masa sulit, begitu pula dengan industri pada umumnya. Rumah modenya menutup tokonya di Amerika dan mencari perlindungan kebangkrutan pada tahun itu. Cetakan zebra sudah tidak sejalan dengan era olahraga yang berpakaian sederhana.

Tapi Cavalli bukanlah orang yang mengubah garisnya. Selama lima dekade, dia secara konsisten memenuhi peran paling penting dalam dunia mode atau fashion, membuat pakaian yang memberikan kepercayaan diri kepada pemakainya untuk menjadi bintang dalam hidup mereka sendiri.

Ketika memberikan kuliah di Oxford, Roberto Cavalli menyimpulkan etos kerjanya dalam berkarya adalah “fashion yang tidak gila bukanlah fashion".

Pilihan Editor: Mengenal Sosok Desainer Legendaris Karl Lagerfeld

THE NEW YORK TIMES | BUSINESS OF FASHION | USA TODAY 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."