Profil dan Perjalanan Karier Jerome Polin yang Minta Maaf karena Dukung Timnas U-23

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Jerome Polin mengunggah video permintaan maaf menjawab tuntutan netizen. Foto: Instagram.

Jerome Polin mengunggah video permintaan maaf menjawab tuntutan netizen. Foto: Instagram.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Youtuber, Jerome Polin mengunggah video permintaan maaf lantaran dinilai penyebab kekalahan Timnas U-23 di semifinal Piala Asia U-23. Unggahan di Instagram pribadinya pada Selasa siang, 30 April 2024 itu untuk menjawab tantangan netizen, terutama di X, yang menilainya sebagai pembawa nasib buruk lantaran mendukung Timnas U-23.

Video Jerome Polin Minta Maaf karena Dianggap Pembawa Sial

"Halo semua, aku Jerome Polin, mau meminta maaf karena kemarin aku dukung Timnas jadinya kalah. Ke depannya aku bakal dukung lawannya Timnas dan semoga Timnas Indonesia bisa jadi juara 3 di AFC dan bisa lolos di Olimpiade Paris. Mantap," kata Jerome Polin dalam video itu.

Nama Jerome Polin menjadi trending di Twitter atau X usai Timnas Indonesia kalah 0-2 dalam semifinal Piala Asia U-23 melawan Uzbekistan pada Senin, 29 April 2024. Berbagai ledekan muncul kepada Youtuber pemilik kanal Nihongo Mantappu itu lantaran ia dianggap sebagai pembawa kesialan kepada siapa saja yang didukungnya.

Sebelumnya, usai Timnas U-23 memastikan masuk ke semifinal setelah mengalahkan Korea Selatan, Jerome mengunggah foto berupa pernyataan dukungannya kepada Skuad Garuda Muda. Yang agak aneh, ia menggambarkan dirinya turut deg-degan dengan perjuangan Timnas, bukan karena menonton pertandingan secara langsung, tapi menonton highlight yang sudah diketahui pemenangnya.

Ia mengunggah foto saat dirinya mengekspresikan kegembiraannya. "Gilaaaakk barusan nonton replay dan highlightnya. Deg-degan pol!!! Buanggaa Timnas Indonesia mainnya bagus bgt!!! Letsgooo finaallll!!" Tulisnya dengan menambahkan gambar bendera Merah Putih.

Alih-alih menuai dukungan, para penggemar Timnas U-23 malah menghujaninya hujatan. Puncaknya, setelah Timnas U-23 kalah, hujatan terhadap Jerome makin menjadi-jadinya. Ia dinilai pembawa sial bagi Indonesia.

Lantas, siapa sebenarnya Jerome Polin? Berikut profil Jerome Polin, Youtuber muda Indonesia yang jago matematika.

Profil Singkat Jerome Polin

Nama lengkap: Jerome Polin Sijabat

Dikenal juga: Jerome Polin, Jerome

Tempat lahir: Surabaya

Tanggal lahir: 2 Mei 1998

Pendidikan: Waseda University Jepang jurusan Matematika Terapan

Gelar: Bachelor of Engineering (B. Eng) lulus tahun 2022

Orangtua: Marojahan Sintong Sijabat (Ayah), Chrissie Rahmeinsa (Ibu)

Anak ke-: 2 dari 3 bersaudara

Saudara: Jehian Panangian Sijabat (Kakak), Jesferrel Porman Sijabat (Adik)

Media sosial: @jeromepolin (Instagram), @JeromePolin (Twitter), Nihongo Mantappu (YouTube)

Jerome Polin adalah Youtuber Indonesia yang terkenal karena kepandaiannya di bidang Matematika. Pria asal Surabaya ini awalnya mulai dikenal masyarakat karena kerap melakukan pertandingan menjawab soal-soal Matematika bersama teman-temannya saat berkuliah di Waseda University, Jepang.

Jerome Polin merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Kisahnya dinilai inspiratif karena bukan berasal dari keluarga kaya raya, namun dapat membuktikan jika usahanya akan membuahkan hasil yang sepadan. Salah satunya adalah dengan Jerome Polin yang berhasil berkuliah di Jepang dan mendapatkan beasiswa.

Meski kini dikenal sebagai orang yang pandai dalam Matematika, ternyata saat masih kecil Jerome Polin pernah tidak menyukai pelajaran Matematika. Tetapi, pandangannya berubah setelah sang ibu memberinya nasihat.

Kala itu, ibu Jerome Polin mengatakan jika dia harus menganggap matematika sebagai permainan puzzle. Jadi, ketika dia berhasil menyelesaikan rangkaian teka-teki puzzle tersebut, dia akan merasa senang. Sejak saat itulah Jerome Polin mulai menekuni matematika, bahkan hingga berkuliah jurusan Matematika terapan di Waseda University, Jepang, dengan memperoleh beasiswa.

Perjalanan Karier Jerome Polin

Sebelum menjadi YouTuber, Jerome Polin bersama kakaknya, Jehian, pernah membuat akun LINE resmi bernama Math Q&A pada 2015 lalu. Akun tersebut ditujukan untuk melakukan tanya jawab matematika dengan masyarakat umum. Tetapi, akun tersebut tak dilanjutkan karena Jerome Polin yang harus pindah ke Jepang untuk berkuliah.

Pada akhir 2017, Jerome Polin mulai membuat video YouTube untuk pertama kalinya bersama Kevin Sendouw. Saat itu, Jerome membuat konten tentang belajar bahasa Jepang dan menamai akunnya dengan nama Nihongo Mantappu. Di tahun berikutnya, Kevin mundur dan tak lagi ikut dalam konten Jerome.

Meski begitu, Jerome tetap melanjutkan akun YouTube-nya dan mengisinya dengan video kegiatannya selama berkuliah di Jepang. Selain itu, Jerome juga mengajak teman-temannya di Waseda University untuk bergabung dalam konten yang dibuat. Mereka adalah Yusuke, Tomohiro, dan Otsuka yang kemudian dikenal dengan nama Waseda Boys.

Pada April 2021, Jerome kembali ke Indonesia dan memulai bisnis minuman teh bersama sang kakak yang bernama Menantea. Tak hanya itu, kakak adik ini juga mendirikan agensi talent management untuk para influencer bernama Mantappu Corp dan menjabat sebagai CEO. Dengan pencapaiannya tersebut, Jerome Polin berhasil masuk dalam Forbes 30 Under 20 Asia pada 2021 lalu.

Itulah rangkuman informasi mengenai profil dan perjalanan karier Jerome Polin, Youtuber muda yang jago matematika. Semoga bermanfaat.

Pilihan Editor: Rachel Amanda dan Jerome Polin bagi Tips Sukses Menjadi Content Creator

RADEN PUTRI | ISTIQOMATUL HAYATI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."