Ilustrasi wanita memegang perut. Freepik.com/Wayhomestudio

kesehatan

4 Penyebab Kembung setelah Makan di Pesawat

Rabu, 7 Juni 2023 12:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang mengalami rasa tidak nyaman dan kembung setelah makan di pesawat. Hal itu terjadi karena setiap individu punya reaksi berbeda selama perjalanan udara. Menurut Neha Sahaya, konsultan gizi dan kesehatan asal India, ada beberapa penyebab kembung setelah makan di pesawat, dari kandungan natrium yang tinggi hingga pilihan makanan yang memicu gas.

Penyebab Kembung setelah Makan di Pesawat

1. Kandungan Natrium yang Tinggi

Menurut Sahaya, makanan di pesawat sering kali tinggi natrium, yang digunakan sebagai pengawet dan untuk menambah cita rasa makanan. "Asupan natrium yang berlebihan dapat menyebabkan retensi air dan kembung," katanya dikutip dari laman Indian Express, Senin, 5 Juni 2023.

2. Tekanan dan Ketinggian Kabin

Saat terbang, tekanan dan ketinggian kabin dapat memengaruhi tubuh kita. "Tekanan udara yang berkurang di ketinggian dapat menyebabkan gas di perut kita mengembang, menyebabkan perasaan kembung dan tidak nyaman," kata Sahaya, menambahkan bahwa udara kering di dalam kabin dapat menyebabkan dehidrasi, yang selanjutnya dapat memperburuk kembung.

Baca juga: Ini Pemicu Perut Kembung usai Minum Kopi

<!--more-->

3. Kurang Gerakan Fisik

Selama penerbangan panjang, kita akhirnya tetap duduk untuk waktu yang lama, sehingga membatasi gerakan fisik. “Aktivitas yang berkurang dan kurang olahraga dapat memperlambat pencernaan dan berkontribusi pada kembung,” jelasnya.

4. Makanan Pemicu Gas

“Makanan tertentu yang biasa disajikan di pesawat, seperti kacang-kacangan, kol, dan minuman berkarbonasi, dapat menyebabkan gas dan kembung pada beberapa orang. Kombinasi konsumsi makanan ini di ruang terbatas dengan gerakan terbatas bisa memperburuk efeknya,” kata Sahaya.

Jadi, apa yang bisa dilakukan? Untuk meminimalkan kembung saat terbang, ahli menyarankan mengikuti tips berikut ini.

Cara Mengatasi Kembung di Pesawat

- Tetap terhidrasi

- Hindari minuman bersoda

- Batasi asupan natrium

- Bergerak dan regangkan

- Hindari makanan yang memicu gas

Berbicara lebih lanjut tentang kembung dan ketidaknyamanan selama perjalanan penerbangan, Ahli Diet Senior Dr Shruti Bhardwaj di Narayana Multispeciality Hospital, Ahmedabad, India, menegaskan penting untuk memilih makanan yang mudah dicerna dan tidak menyebabkan gas berlebihan agar tidak kembung setelah makan di pesawat.

Pilihan Editor: Cara Kurangi Kembung jelang Haid, Hindari Makanan Asin

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika