Ini Pemicu Perut Kembung usai Minum Kopi

Ilustrasi kopi. Unsplash.com/Kayla Phaneuf

kesehatan

Ini Pemicu Perut Kembung usai Minum Kopi

Selasa, 30 Juni 2020 22:00 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu pernah merasakan perut tidak enak usai minum kopi? Jika iya, bisa jadi itu pertanda kembung karena kandungan asamnya.

Mengutip laman Express UK, kopi dapat mengiritasi perut sensitif dan menyebabkan pembengkakan dengan cepat. Menambahkan gula atau pemanis buatan dapat memperburuk masalah.

Tubuh tidak bisa mengenalinya dan pada akhirnya sulit mencerna kopi tersebut. Apalagi, jika tubuh tidak toleran atau intoleransi terhadap laktosa, menambahkan krim atau susu ke kopi akan menyebabkan kembung dan masalah lain pada usus.

Baca juga: 5 Manfaat Ampas Kopi untuk Kulit Wajah dan Rambut

Selain kopi, menurut NHS, makanan atau minuman lain yang dapat menyebabkan kembung yakni minuman bersoda, kacang polong, bawang, brokoli, kubis, kecambah, dan kembang kol. Untuk mengatasi kembung, lebih baik menghindari makanan tersebut. Cobalah mencatat apa saja yang dimakan dan kenali efeknya pada tubuh.

Kelola stres yang dapat memperlambat pencernaan, menyebabkan perut kembung, sembelit, dan nyeri. Hindari makan saat stres, cemas, atau dalam kondisi sedang sedih.

Kemudian, jangan terburu-buru saat makan dan kunyah makanan dengan baik. Jangan makan berlebihan. Kurangi ukuran porsi makan atau cobalah makan 4-5 porsi kecil daripada tiga porsi besar.

Makan secara teratur dan cobalah untuk tidak melewatkan makan. Hindari makan besar sebelum tidur, setidaknya 2-3 jam sebelum tidur. Terakhir, pastikan banyak minum air putih.