5 Khasiat Makan Mentimun, Bisa Menurunkan Berat Badan dan Cegah Sembelit

Jus mentimun biasanya diminum pasien hipertensi. Kandungan kalium pada mentimun dipercaya dapat mempertahankan kadar sodium sehingga secara langsung bisa mencegah aterosklerosis yang mempengaruhi pengaturan tekanan darah.

kesehatan

5 Khasiat Makan Mentimun, Bisa Menurunkan Berat Badan dan Cegah Sembelit

Kamis, 26 Agustus 2021 07:05 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Mentimun adalah sayuran segar yang biasa dikonsumsi secara mentah atau juga di masak menjadi beberapa olahan. Mulai dari makanan sederhana hingga makanan mewah, mentimun bisa menjadi pelangkap yang eksis untuk sajian apa saja. Di balik eksistensinya, mentimun juga punya manfaat kesehatan yang mungkin tidak banyak disadari.

Dilansir dari eatthis, berikut adalah manfaat mentimun bagi kesehatan:

1. Menurunkan berat badan

Mentimun bukan hanya menawarkan kerenyahan yang hebat ke dalam berbagai hidangan, tetapi juga jadi makanan sehat yang membantu menurunkan berat badan. Hanya ada 16 kalori dalam satu cangkir mentimun, yang berarti makanan tersebut memiliki kepadatan energi yang rendah.

Menurut sebuah studi Nutrisi yang berfokus pada kepadatan energi makanan, ada hubungan antara mengonsumsi makanan dengan kepadatan energi yang lebih rendah dan penurunan berat badan. Selain itu, karena kandungan airnya yang tinggi, mentimun sangat mengenyangkan namun tetap rendah kalori.

2. Mencegah diabetes

Saat mencoba menghindari diabetes, yang terbaik adalah mulai mengatur pola makan. Menghindari karbohidrat olahan, hindari minuman manis, dan batasi daging merah sangat dianjurkan. Penting juga untuk makan lebih banyak makanan dengan indeks glikemik (GI) rendah. GI adalah angka yang ditetapkan untuk makanan yang berbeda, mulai dari nol hingga 100.

Semakin tinggi indeks glikemik suatu angka, semakin banyak gula darah seseorang akan naik setelah memakannya. Mentimun memiliki indeks glikemik 15 yang relatif rendah. Makan makanan dengan GI rendah dapat membantu mengurangi resistensi insulin yang pada gilirannya membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

3. Terhidrasi

Menurut survei populasi Prancis dan Inggris yang diterbitkan oleh Nutrients, mentimun mengandung lebih dari 95% air. Itu berarti selain camilan renyah, makan mentimun akan terhidrasi. "Mereka dapat membantu berkontribusi pada asupan cairan harian Anda secara keseluruhan dan membuat merasa terhidrasi dan tubuh Aberfungsi secara optimal," kata Ahli Diet Terdaftar dan Ahli Nutrisi Bersertifikat, Kristin Gillespie.

4. Terhindar dari sembelit

Dengan semua air dan serat dalam mentimun, sayuran tersebut dapat membantu mencegah sembelit. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Fitoterapia dari Universitas Jadavapur, dikatakan bahwa biji mentimun membantu mencegah sembelit. Selain itu, mereka memiliki efek pendinginan pada tubuh. Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Pennsylvania merekomendasikan untuk menambahkan mentimun ke berbagai hidangan untuk membantu meringankan sembelit.

5. Mencegah kembung

Dengan kandungan air yang tinggi, mentimun dapat menjaga tetap terhidrasi dan juga bagus dalam membantu menghilangkan retensi air berlebih. Itu berarti, mentimun membuat terhindar dari kembung.

"Mentimun kaya akan nutrisi spesifik yang membantu menghilangkan retensi air, peradangan dan kembung," kata ahli gizi Lisa Richards, penulis The Candida Diet. Richards mengatakan mereka baik untuk sejumlah masalah perut lainnya juga. Kandungan seratnya meningkatkan kesehatan usus dan pergerakan usus.

Baca: Viral TikTok Merawat Wajah Pakai Mentimun Beku, Simak Manfaatnya Kata Ahli Kulit