Gina S. Noer/Foto: Doc. Pribadi

karir

Tips Menjadi Sutradara ala Gina S. Noer, Membaca dan Menulis jadi Syarat Penting

Rabu, 15 Februari 2023 21:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Gina S. Noer yang merupakan sutradara, penulis, dan produser serta co-founder dari Wahana Kreator Nusantara yang meluncurkan beberapa film terkait dengan persoalan perempuan dan juga para remaja, yang mana isu tentang remaja ini belum banyak diangkat oleh para sineas di Indonesia.

Film tersebut di antara lain adalah Habibie dan Ainun, Posesif, Keluarga Cemara, Ali dan Ratu-ratu Queen, Dua Garis Biru, dan yang paling terbaru adalah Like and Share. Gina S. Noer juga kerap kali mendapatkan beberapa penghargaan yang diantaranya adalah Skenario Film Pilihan Tempo 2022.

Dalam siaran langsung bersama Instagram cantikadotcom, Gina S. Noer membagikan bahwa setiap cerita harus mempunyai landasan argumen yang akan dibicarakan oleh kreator. Gina juga membagikan bahwa film yang baik menurutnya adalah film yang ketika sampai pada akhir cerita, muncul pertanyaan baru, dan lebih muncul rasa ingin tahu yang dalam terkait film tersebut.

Tantangan dalam menulis cerita dengan menggunakan sudut pandang perempuan ialah perempuan itu sendiri. Terlebih lagi ia adalah seorang perempuan yang berkecimpung di dunia yang mayoritasnya adalah laki-lakii. "Dalam membuat film dengan perspektif perempuan adalah karena belum begitu banyak yang mengangkat sudut pandang dari sisi perempuan, banyak yang belum bisa menerima karena dianggap terlalu sensitif," ujar Gina.

Gina juga membagikan beberapa tips menjadi sutradara, ia menjelaskan bahwa semua film maker yang bagus itu adalah seseorang yang bisa dan mau berkomitmen untuk rajin membaca. Karena, ketika kita bercerita pasti ada proses pembacaan dan kemampuan menulis kita harus bisa menggambarkan, merepresentasikan, dan khususnya pada sebuah film harus bisa mengaudiovisualkan cerita tersebut.

"Jadi, membaca dan menulis itu merupakan salah satu langkah yang paling penting sebelum kita memulai membuat sebuah cerita untuk sebuah film. Semakin kita melatih hal tersebut, semakin tajam pula pemahaman kita terhadap makna yang akan disampaikan dari sebuah cerita yang akan dibuat tersebut," ucapnya.

Pilihan Editor: Alasan Gina S. Noer Hadirkan Film Like & Share, Resah dengan Problem Remaja

WIDYA FITRIANINGSIH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika