Makna Hari Kartini bagi Putri Ariani, Mampu Menciptakan Kesempatan Sendiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Putri Ariani. Foto: Creathink

Putri Ariani. Foto: Creathink

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi, Ariani Nisma Putri atau akrab disapa Putri Ariani memaknai perjuangan Raden Ajeng Kartini di momen hari Kartini sebagai sebuah kesempatan. Menurut dia para perempuan itu berpikir dengan cita-citanya sendiri. Seperti yang dilakukan Ibu Kartini untuk membuka kesempatan bagi para wanita, untuk bisa melakukan kesetaraan hak kita seperti laki-laki. 

"Jadi seperti yang pernah Putri baca di buku sejarah, menurut ibu Kartini itu, kita enggak perlu menunggu kesempatan tapi bagaimana menciptakan kesempatan untuk diri kita sendiri," ucap Putri Ariani di acara talkshow Seribu Kartini Beda Tapi Sapa yang digelar YouTube, Jumat, 19 April 2024. 

Begitu pula perihal tantangan yang sejak dulu hingga sekarang menurut Putri masih sama yakni stigma. "Karena, kan, kalau perempuan itu cuma bisa dianggap cuma mengurus rumah, kerjanya di dapur aja gitu. Kalau Putri juga dulu pernah dibilang “ah, enggak bisa nih, nulis lagu sendiri.” Makanya Putri tulis lagu Loneliness untuk membuktikan bahwa Putri can do it," ungkap perempuan kelahiran 31 Desember 2005 ini. 

Pelantun lagu Bertahan Tak Sejalan ini merasakan jika angan-angan dan cita-citanya mulai semakin terbuka. Kalau dulu Putri masih berpikir soal mindset-nya sebagai seorang difabel. 

Menyambut Hari Kartini 2024, Youtube merilis serial dokumenter bertajuk "Seribu Kartini". Foto: Dok. Youtube

"Tapi sekarang, Alhamdulillah Putri sebagai penyanyi dan pencipta lagu yang punya kemampuan lewat berkarya, jadi bukan hanya lewat background saja tapi memang membuktikan. Perjuangan juga buat teman-teman yang lain biar enggak ada gap di antara kita semua, sebab kita semua bisa berkarya," ucap dia. 

Sebagai persembahan untuk perempuan Indonesia, Putri menuliskan lagu terbaru bertajuk How I Am dan Teruskan Langkah Baikmu yang masih menjadi musik favorit di YouTube. Putri dedikasikan juga untuk perempuan karena menulisnya itu pas di momen Hari Perempuan Internasional. 

"Karena, kan, kadang-kadang banyak perempuan yang masih insecure, sebenarnya insecure itu kan dari overthinking gitu, ya. Makanya Putri bikin lagu Teruskan Langkah Baikmu, jadi dari situ messege-nya adalah di balik setiap masalah jalan keluarnya, di balik kesulitan pasti ada kemudahan, segalanya akan indah bisa kita teruskan langkah baikmu," pungkas peraih Golden Buzzer America's Got Talent ini.  

Pilihan Editor: Jelang Ramadan, Intip Lirik Lagu Putri Ariani yang Memiliki Makna Berserah Diri

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."