Atasi Insomnia dengan Makan Ayam hingga Minum Teh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
lifedynamix.com

lifedynamix.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaInsomnia merupakan gangguan tidur umum yang membuat penderitanya kesulitan untuk tertidur, sulit untuk mempertahankan tidur, terbangun terlalu pagi, dan tidak dapat kembali tidur. Penderita insomnia mungkin akan masih merasa lelah pada saat bangun tidur. Insomnia dapat melemahkan tingkat energi, suasana hati, kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup.

Untuk atasi insomnia, Anda bisa mencoba sejumlah cara alami ini seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Makan ayam

Daging ayam mengandung banyak tryptophan, asam amino yang penting untuk memproduksi serotonin dan melatonin dalam tubuh, dua hormon yang membuat Anda tertidur.

2. Menyantap biji-bijian saat makan siang

Biji-bijian seperti nasi cokelat adalah cara tepat meningkatkan jumlah hormon serotonin dan melatonin dalam tubuh. Namun karena butuh waktu lama untuk mencernanya, direkomendasikan untuk menyantapnya pada makan siang agar manfaatnya bisa dirasakan setelah makan malam.

3. Minum teh

Teh kamomil, valerian, lavender dan peppermint membuat Anda lebih mudah tidur. Selain itu, menyesap teh dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga aktivitas dalam otak menurun dan membantu Anda lebih cepat tidur saat merebahkan tubuh di kasur.

4. Kurangi porsi makan malam

Makan terlalu banyak pada malam hari membuat Anda lebih sulit tidur karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. Itulah mengapa direkomendasikan untuk mengurangi porsi makan malam, atau berhenti makan setelah pukul tujuh malam sehingga tubuh punya banyak waktu untuk beristirahat setelah mencerna asupan gizi.

5. Jangan berolahraga malam hari

Berolahraga membuat tubuh mengeluarkan hormon serotonin yang membuat Anda merasa bahagia. Namun akibatnya Anda justru merasa segar bugar setelah berolahraga pada malam hari karena serotonin mencegah aktivitas otak menurun, yang krusial untuk membuat seseorang tertidur.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."