10 Tips Makan Sehat yang Realistis Bagi Anda yang Memulai Pola Makan Sehat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita makan buah apel. Foto: Freepik.com/lifestylememory

Ilustrasi wanita makan buah apel. Foto: Freepik.com/lifestylememory

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda tertarik pada pola makan sehat, melakukan beberapa perubahan kecil dapat membawa Anda ke arah yang benar.

Meskipun pola makan sehat mungkin terlihat sedikit berbeda untuk setiap orang, pola makan seimbang umumnya kaya akan makanan padat nutrisi, rendah makanan olahan, dan terdiri dari makanan dan camilan yang mengenyangkan.

Panduan ini dapat membantu Anda yang memulai perjalanan makan sehat, dan menjadi penyegaran bagi mereka yang mengetahui dasar-dasar nutrisi tetapi ingin mendalami lebih dalam.

Berikut beberapa tips makan sehat yang realistis bagi Anda yang memulai pola hidup sehat, dikutip dari Healthline:

1. Prioritaskan makanan nabati

Makanan nabati seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan harus menjadi makanan utama Anda. Cobalah memasukkan makanan-makanan ini, terutama sayur-sayuran dan buah-buahan, pada setiap makan dan camilan.

2. Masak di rumah

Memasak makanan di rumah membantu mendiversifikasi pola makan Anda. Jika Anda terbiasa makan di luar atau di restoran, cobalah memasak satu atau dua kali seminggu sebagai permulaan.

3. Berbelanja bahan makanan secara teratur

Jika dapur Anda penuh dengan makanan sehat, kemungkinan besar Anda akan membuat makanan dan camilan sehat. Kunjungi satu atau dua toko kelontong per minggu untuk menyediakan bahan-bahan bergizi.

4. Pahami bahwa diet Anda tidak akan sempurna

Kemajuan, bukan kesempurnaan, adalah kuncinya. Temui diri Anda sendiri di mana pun Anda berada.

Jika saat ini Anda makan di luar setiap malam, memasak satu kali makanan buatan sendiri yang berisi sayuran setiap minggunya merupakan kemajuan yang signifikan.

5. “Cheat day” tidak bisa diterima

Jika pola makan Anda saat ini termasuk cheat day atau makan makanan kurang sehat, ini tandanya pola makan Anda tidak seimbang. Setelah Anda mengetahui bahwa semua makanan bisa menjadi bagian dari pola makan sehat, tidak perlu lagi berbuat curang.

6. Kurangi minuman yang dimaniskan dengan gula

Batasi minuman manis seperti soda, minuman energi, dan kopi manis sebanyak mungkin. Mengonsumsi minuman manis secara teratur dapat membahayakan kesehatan Anda.

7. Pilih makanan yang mengenyangkan

Saat Anda lapar, tujuan Anda adalah makan makanan yang mengenyangkan dan bergizi, bukan makan kalori sesedikit mungkin. Pilih makanan dan camilan kaya protein dan serat yang pasti akan membuat Anda kenyang.

8. Makanlah makanan utuh

Pola makan yang sehat terutama harus terdiri dari makanan utuh seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, dan sumber protein seperti telur dan ikan.

9. Hidrasi dengan cara yang cerdas

Tetap terhidrasi adalah bagian dari pola makan sehat, dan air adalah cara terbaik untuk tetap terhidrasi. Jika Anda tidak terbiasa minum air, belilah botol air yang dapat digunakan kembali dan tambahkan irisan buah atau perasan lemon untuk menambah rasa.

10. Hargai ketidaksukaan Anda

Jika Anda sudah mencoba makanan tertentu beberapa kali dan tidak menyukainya, jangan memakannya. Ada banyak makanan sehat untuk dipilih. Jangan memaksakan diri untuk makan sesuatu hanya karena dianggap menyehatkan.

Semoga kiat-kiat ini dapat membantu Anda beralih ke pola makan yang sehat. Jika Anda menginginkan saran diet yang terperinci dan individual, konsultasikan dengan ahli diet berpengalaman. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Pilihan Editor: 10 Tips Makan yang Menyenangkan dan Seimbang dari Koki Divya Alter

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."