Minum Teh Kamomil Bantu Ibu Baru Melahirkan Tidur Nyenyak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi teh spearmint. shutterstock.com

Ilustrasi teh spearmint. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu baru melahirkan mengalami sejumlah perubahan dalam rutinitas hariannya. Salah satunya adalah waktu tidur yang mengikuti buah hatinya. Meskipun bayi baru lahir lebih sering tidur, namun kerap berubah-ubah waktu tidurnya. Bayi bisa tidur sepanjang siang ataupun baru bisa terlelap di malam hari. Untuk membantu ibu baru melahirkan mudah tidur bisa konsumsi teh kamomil.

Minum teh kamomil diklaim dapat membantu seseorang untuk dapat tidur malam dengan cepat jika diminum jelang waktu istirahat. Klaim itu masih terus ditelusuri para peneliti.

Berdasarkan penelitian pada 2016 menunjukkan para perempuan yang baru melahirkan dapat tidur lebih baik setelah minum teh kamomil selama dua minggu. Para perempuan yang baru melahirkan juga mengalami lebih sedikit gejala depresi dibanding dengan perempuan yang tidak meminumnya. Lalu, studi pada 2017 juga memperlihatkan hasil serupa, bahwa orang tua yang minum teh kamomil tidur lebih baik.

Para peneliti lantas tidak dapat membuat kesimpulan pasti tentang efek teh kamomil karena hasil-hasil studi yang kontras itu. "Sangat sedikit penelitian yang menganalisis efek teh kamomil. Untuk insomnia, ada sedikit manfaat," kata seorang pengajar di Harvard Medical School Erik Zhou seperti dilansir dari laman Medical Daily.

Namun, tidak ada konklusi yang menunjukkan bahwa minum teh itu berbahaya bagi tubuh. Para peneliti lantas sangat mendorong orang-orang untuk meminumnya, terutama jika memberikan efek plasebo.

Kualitas tidur dipengaruhi oleh sejumlah besar faktor, termasuk stres di rumah atau di tempat kerja, melihat layar ponsel atau televisi di jam-jam sebelum tidur, dan bahkan tekanan fisiologis dari hari yang panas bertahan tanpa AC. Seperti yang diketahui banyak penderita insomnia, mengkhawatirkan soal tidur dapat membuat pikiran terus berjalan dan membuatnya lebih sulit untuk tertidur.

ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."