Manfaat Makan Alpukat Setiap Hari, Menurut Penelitian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi alpukat. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi alpukat. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makan alpukat setiap hari memiliki banyak manfaat termasuk mendukung pola makan lebih baik. Hal itu diungkapkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Developments in Nutrition pada bulan Januari silam. Dalam studi tersebut dipaparkan bahwa ketika orang dengan obesitas perut makan satu buah alpukat setiap hari selama 26 minggu, mereka mengembangkan pola makan yang lebih berkualitas.

Setelah enam bulan mengonsumsi alpukat, pola makan subjek menjadi lebih sejalan dengan pola makan sehat, seperti yang diuraikan dalam Pedoman Diet untuk Orang Amerika.

"Dengan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap pedoman diet, kami dapat membantu mengurangi risiko terkena kondisi kronis dan memperpanjang harapan hidup sehat,” kata penulis utama studi Kristina Petersen, PhD , profesor ilmu nutrisi di Universitas Penn State, Amerika Serikta, dikutip dari Health, Rabu, 10 April 2024.

Penelitian awal dilakukan untuk menguji pengaruh asupan alpukat setiap hari terhadap obesitas sentral 1.008 orang dewasa. Menariknya, setelah 26 minggu, Petersen mengatakan angka pada skala subjek tidak mengalami perubahan signifikan dan tidak melihat pengaruh asupan alpukat terhadap lemak perut atau berat badan.

Mereka yang makan alpukat setiap hari lebih cenderung memiliki pola makan yang sejalan dengan parameter makan sehat tersebut. Kelompok ini juga mengalami peningkatan konsumsi sayuran, peningkatan rasio lemak sehat dan tidak sehat, dan penurunan asupan biji-bijian olahan, natrium, dan gula tambahan.

"Hal ini menunjukkan bahwa orang-orang mengganti sebagian makanan tinggi garam dan produk biji-bijian olahan dengan alpukat atau kadang-kadang mengonsumsi alpukat sebagai pengganti makanan tersebut," kata Petersen.

Temuan ini menyoroti dampak menambahkan lebih banyak makanan utuh, baik alpukat atau lainnya, ke dalam pola makan Anda, kata Wendy Bazilian, penulis, ahli fisiologi olahraga, sekaligus ahli gizi terdaftar yang berbasis di San Diego.

“Kita tahu bahwa makanan nabati yang berbeda, termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan , kacang-kacangan, biji-bijian, dan lainnya, memiliki nutrisi yang saling melengkapi dan juga berbeda, yang berdampak pada kualitas makanan kita secara keseluruhan,” katanya kepada Health.

Dan karena penelitian tidak menunjukkan hubungan antara penambahan berat badan dan konsumsi alpukat, Bazilian menyarankan cara mudah untuk menambahkan alpukat ke dalam makanan menjadi olesan roti lapis atau sandwich, dijadikan saus salad krim, smoothie dengan yogurt, dimasukkan ke dalam makanan penutup coklat, dan untuk pugasan atau topping taco atau salad.

Pilihan Editor: 4 Alasan Mengapa Makan Alpukat Bantu Menurunkan Berat Badan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."