Hari Gizi Nasional, Yuk Cek Lagi Berapa Banyak Lemak Sehat yang Harus Kamu Konsumsi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi tumis daging dengan jahe dan bawang bombai. iamfoodblog.com

Ilustrasi tumis daging dengan jahe dan bawang bombai. iamfoodblog.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Peringati Hari Gizi Nasional, saatnya kamu cek kembali berapa banyak lemak sehat yang harus konsumsi.  Menambahkan lemak sehat dalam dosis yang tepat ke dalam makanan Anda dapat mengubah kesehatan Anda dan mencegah banyak penyakit kronis.

Lemak terkenal dapat membuat orang menjadi gemuk dan menjadi pertanda banyak penyakit kronis. Tapi terlalu sedikit bisa sama berbahayanya dengan terlalu banyak. Selain itu pemisahan antara lemak sehat dan tidak sehat sangat penting untuk memahami dampaknya terhadap tubuh. 

Meskipun banyak orang yang sadar akan kebugaran mungkin tidak mengonsumsi lemak sama sekali untuk menghindari penambahan berat badan dan ancaman banyak penyakit buruk yang menyertainya, asupan lemak sehat sangat penting untuk fungsi otak, kesehatan jantung, kesehatan kulit dan rambut, kesehatan tulang dan metabolisme. . 

Faktanya, sejumlah lemak sehat juga penting untuk mengelola kolesterol. Penelitian telah membuktikan bahwa lemak tak jenuh tunggal dari tumbuhan dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Lemak sehat sebagian besar berasal dari makanan nabati dan merupakan gudang asam lemak omega-3. Kacang-kacangan dan biji-bijian, ghee, alpukat, zaitun, ikan berlemak, wijen, minyak kedelai merupakan sumber lemak sehat. Cokelat hitam adalah sumber lemak sehat lainnya dan kaya akan lemak tak jenuh tunggal tetapi harus dikonsumsi dalam jumlah sedang karena kandungan gulanya.

Ketika memasukkan lemak ke dalam makanan, seseorang harus berhati-hati dengan status lemaknya yang sehat atau tidak. Samosa, kachori, pakora, pizza, burger, dan makanan cepat saji lainnya harus dihindari untuk mencegah bertambahnya ukuran pinggang, sedangkan ghee, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian harus dikonsumsi secukupnya untuk mendapatkan asupan lemak sehat.

"Temukan peran penting lemak sehat dalam mengoptimalkan fungsi tubuh Anda. Dari meningkatkan kinerja otak dan mendukung keseimbangan hormonal hingga meningkatkan kesehatan jantung dan membantu penurunan berat badan, memasukkan lemak ini ke dalam makanan Anda menawarkan segudang manfaat," kata Ahli Nutrisi Bhakti Arora Kapoor di postingan Instagram terbarunya.

Manfaat Lemak Sehat 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."