6 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Buah Citrus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah jeruk. Tempo/Charisma Adristy

Ilustrasi buah jeruk. Tempo/Charisma Adristy

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah citrus seperti jeruk mandarin, limau, jeruk bali, dan yuzu secara alami kaya gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain kaya vitamin C, buah citrus mengandung mineral, antioksidan, serat makanan, dan masih banyak lagi.

Mengonsumsi buah-buahan ini secara rutin dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan metabolisme, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengatur kadar gula darah.

Fakta lainnya, buah citrus mengandung mineral seperti potasium dan magnesium yang membantu mengurangi tekanan darah tinggi, meningkatkan kesehatan jantung, dan memastikan fungsi otot dan saraf yang lebih baik.

Manfaat lain buah citrus adalah mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh berkat antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid. Buah citrus juga mengandung vitamin B seperti folat dan thiamin yang berperan penting dalam metabolisme energi dan fungsi sel.

Dan, berkat kandungan kalori yang rendah, kandungan air yang tinggi, dan tidak adanya kolesterol membuat buah citrus bagus untuk diet sehat seimbang. Akan tetapi, untuk mengoptimalkan kandungan gizi dan manfaatnya, perlu diingat ada sejumlah makanan yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan buah citrus.

1. Susu dan Produk Susu

Hindari mengonsumsi buah citrus dengan susu atau produk susu. Asam dalam buah citrus dapat mengentalkan protein dalam susu, sehingga menyebabkan tekstur yang tidak enak. Daripada menggabungkannya, nikmati buah jeruk secara terpisah dari produk susu.

2. Makanan Sangat Asam

Menggabungkan makanan yang sangat asam dengan buah citrus dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut atau refluks asam. Beberapa contoh makanan yang sangat asam termasuk tomat, saus berbahan dasar cuka, dan makanan acar. Mengonsumsinya bersama-sama dapat memicu masalah keasaman.

3. Makanan Pedas

Makanan pedas, terutama yang tinggi capsaicin, mungkin tidak cocok dipadukan dengan buah citrus bagi sebagian orang. Kombinasi asam dari citrus dan panas dari makanan pedas dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau mulas.

4. Minuman Berkarbonasi

Mencampur buah citrus dengan minuman berkarbonasi dapat menyebabkan gas dan kembung bagi sebagian orang. Kombinasi asam pada citrus dan gelembung pada minuman berkarbonasi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

5. Buah-buahan

Meskipun buah citrus cocok dipadukan dengan banyak buah, ada beberapa kombinasi yang harus diwaspadai. Hindari menggabungkan buah citrus dengan melon, karena membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan dapat menyebabkan fermentasi serta gangguan pencernaan.

6. Camilan Manis

Mengonsumsi buah citrus dengan camilan yang terlalu manis mungkin bukan pilihan yang paling sehat. Kombinasi jeruk yang asam dan kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan lonjakan kadar gula secara tiba-tiba.

Pilihan Editor: Bolehkah Konsumsi Buah Jeruk atau Jus Jeruk saat Perut Kosong?

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."