Obat Herbal Pereda Batuk Buatan Sendiri, Apa Resepnya?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi jahe. Boldsky.com

Ilustrasi jahe. Boldsky.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rempah-rempah yang ada di dapur Anda tak cuma berfungsi sebagai penyedap rasa makanan, tetapi dapat juga diolah menjadi obat herbal untuk gejala seperti batuk. Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal) memberikan resep praktis membuat obat batuk sendiri di rumah dari bahan-bahan yang mudah didapatkan.

"Kalau mau buat sendiri, pilih bahan yang segar, ketahui resep, cara membuat, takaran dan cara mengolahnya," ujar dia dalam konferensi pers Efektifitas Terapi Simtomatik Batuk dari Bahan Herbal pada 25 Februari 2022.

Untuk merebus obat herbal ini, dia menyarankan untuk memakai wadah dari stainless steel, gerabah, keramik atau kaca.

Berikut resep obat batuk herbal yang bisa Anda praktikkan di rumah.

1 porsi untuk secangkir minuman herbal

Bahan:
Jahe 20-30 gram, iris
Kencur 10-30 gram, iris
Daun mint 1-3 gram
Jeruk nipis satu buah
Madu 2-3 sendok teh
Air 200 ml

Cara:
Rebus air hingga mendidih, masukkan jahe dan kencur yang sudah diiris. Kemudian masukkan daun mint. Rebus selama beberapa menit, maksimal 15-20 menit. Saring air rebusan, tuang ke dalam cangkir. Beri perasan jeruk nipis dan tambah madu. Obat herbal siap diminum.

Baca: 4 Bahan Herbal yang Bisa Redakan Batuk, Ada Jahe Hingga Daun Mint

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."