5 Tanda Jeruk Nipis Matang, Cium Aroma dan Rasakan Tekstur Kulitnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jeruk nipis. Wikipedia.org

Ilustrasi jeruk nipis. Wikipedia.org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam ulasan food & travel kali ini, kita mengulik ciri-ciri jeruk nipis matang. Jeruk nipis sering kali dipetik dalam keadaan agak kurang matang karena jeruk nipis yang lembut dan empuk mudah rusak dalam pengiriman. Agar tidak salah pilih, berikut ciri-ciri jeruk nipis matang yang perlu Anda tahu. 

1. Cium Aroma Kulit

Seperti banyak jenis jeruk lainnya, jeruk nipis seharusnya berbau seperti jeruk nipis. Meskipun Anda tidak bisa membuat jus atau membuka jeruk nipis di toko, mengendus kulitnya akan menunjukkan seperti apa isi buah tersebut.

Gosok perlahan kulit jeruk nipis untuk mengeluarkan sarinya, dan lihat apakah jeruk nipis berbau seperti jeruk nipis. Jika Anda tidak mencium baunya, mungkin dagingnya belum matang. Beberapa orang suka menggulung jeruk nipis di tangan sebentar, untuk menghangatkan bagian luarnya dan menguji apakah aromanya sudah keluar.

2. Memeras

Jeruk nipis harus lembut, tidak terlalu lembek, dan tentunya tidak keras seperti batu. Jeruk nipis yang dibiarkan terlalu lama di suhu ruangan, atau bahkan di tempat dingin, akan mengeras dan mengering di dalamnya.

Ambil jeruk nipis dan ujilah dengan meremas kulitnya secara lembut. Jeruk nipis seharusnya terasa lembut dan kembali ke bentuk semula setelah Anda peras. Jika jari Anda meninggalkan lekukan, berarti jeruk nipis sudah terlalu matang atau bahkan rusak.

3. Periksa Warnanya

Meskipun jeruk nipis berwarna hijau tua mungkin terlihat sempurna, namun jeruk nipis ini termasuk yang paling tidak matang di antara semua jeruk nipis. Seperti paprika, yang warnanya berubah dari hijau menjadi merah, jeruk nipis matang dari hijau tua menjadi kuning.

Jeruk nipis berwarna kuning adalah yang paling manis dan paling matang, meskipun jeruk nipis hijau muda sangat umum dan sangat baik untuk dimakan atau dibuat jus. Jeruk nipis dengan warna gelap akan menghasilkan lebih sedikit sari buah, jadi bandingkan dengan jeruk nipis yang lebih terang dan cerah untuk mendapatkan pilihan yang lebih matang.

Bintik-bintik coklat kecil atau bintik-bintik kuning tidak masalah, tetapi bintik-bintik coklat atau memar yang menyerupai noda menunjukkan bahwa jeruk nipis tidak baik untuk dimakan.

4. Cek Beratnya

Seperti kebanyakan buah yang berisi jus, jeruk nipis matang harusnya berat karena mengandung lebih banyak sari buah. Jadi, coba bandingkan jeruk nipis dengan ukuran yang sama di tangan Anda untuk melihat apakah ada yang lebih berat. Jeruk nipis yang terlalu ringan mungkin tidak mengandung jus.

5. Rasakan Tekstur Kulitnya

Jeruk nipis matang akan memiliki tekstur kulit yang halus dan sedikit berkerikil. Jeruk nipis bergelombang atau berkulit tebal, itu pertanda belum matang.

Pilihan Editor: 3 Tanda Kiwi Matang

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."