Bolehkah Konsumsi Buah Jeruk atau Jus Jeruk saat Perut Kosong?

Ilustrasi wanita minum jus jeruk. Freepik.com/Drobotdean

kesehatan

Bolehkah Konsumsi Buah Jeruk atau Jus Jeruk saat Perut Kosong?

Minggu, 29 Mei 2022 10:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah orang memulai hari dengan minum segelas air lemon, menyeruput jus jeruk segar, atau makan irisan jeruk bali. Sebab, secara umum, buah jeruk menyediakan sumber yang kaya vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh, menurut Genail McKinley, ahli gizi holistik. Dan, Anda tidak dapat menyangkal bahwa rasa asam dan tajam klasik yang Anda dapatkan dari buah jeruk membantu melawan beberapa masalah di pagi hari.

Namun, seperti yang dijelaskan oleh ahli gastroenterologi Peyton Berookim, MD, buah jeruk juga mengandung asam sitrat dalam jumlah tinggi, yang memberi rasa asam pada buah tersebut.

Dan karena alasan itulah muncul beberapa kebingungan tentang apakah boleh mengonsumsi jeruk saat perut kosong atau tidak. Menurut dokter Berookim, banyak pasiennya yang bertanya hal serupa, seperti Apakah asam sitrat baik-baik saja saat perut kosong? Apakah jeruk baik di pagi hari? Dan bisakah kita makan buah jeruk saat perut kosong?

Dalam kebanyakan kasus, jawaban untuk semua pertanyaan ini adalah ya, menurut Dr. Berookim serta ahli gastroenterologi Mark Pimentel, MD, profesor kedokteran dan gastroenterologi di Rumah Sakit Cedars- Sinai.

“Perut adalah tempat yang sangat asam,” kata Dr. kata Pimentel. “Jadi bagi kebanyakan orang, jeruk tidak menjadi masalah.” Namun, untuk setiap aturan, ada pengecualian.

Siapa yang tidak boleh mengonsumsi jeruk saat perut kosong?

Jika Anda memiliki riwayat Gastro Esophageal Reflux Disease atau GERD, hindari konsumsi jeruk, jelas Dr. Pimentel.  "Sebagian karena Anda minum minuman asam dan pipa makanan atau kerongkongan, sudah teriritasi karena kondisi GERD Anda," katanya.

“Alasan kedua, karena menambahkan lebih banyak asam dan lebih banyak volume cairan, Anda dapat mengalami lebih banyak refluks.”

Obat yang bagus untuk refluks asam atau “asam lambung” adalah air alkali, kata Dr. kata Berookim. “Minum empat hingga lima gelas air alkali dapat secara signifikan memperbaiki gejala mulas,” sarannya.

dr. Berookim juga memperingatkan bahwa bukan hanya buah atau jus jeruk yang harus diperhatikan oleh orang-orang yang berurusan dengan refluks asam.

“Tidak hanya asam sitrat yang ditemukan dalam minuman jus [dan buah-buahan], tetapi juga dalam minuman berkarbonasi—asam sitrat ditambahkan ke minuman ringan untuk menambah rasa,” katanya.

“Beberapa air berkarbonasi rasa juga mengandung asam sitrat tetapi dalam jumlah yang jauh lebih rendah.” Jadi ingatlah minuman tersebut jika Anda juga mengalami refluks asam atau GERD.

Jadi, aman konsumsi buah jeruk atau olahannya di pagi hari dalam kondisi perut kosong, jika tidak memiliki riwayat GERD dan tidak ada larangan dari dokter Anda.

Baca juga: Selain Jeruk, Vitamin C Bisa Diperoleh dari Lemon dan 16 Buah Ini

WELL AND GOOD