5 Cara Mengatasi Stress Eating, Mulai dari Makan Secara Perlahan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita makan. Freepik.com

Ilustrasi wanita makan. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makan dengan penuh kesadaran bukan hanya tentang apa yang ada di piring Anda, ini tentang memberi nutrisi pada tubuh, pikiran, dan jiwa Anda. Hal itu dilakukan agar bisa meminimalisir stress eating

Menurut Ahli Nutrisi Karishma Shah di dunia yang serba cepat, pola makan yang berhubungan dengan stres bisa menjadi sebuah tantangan. Tapi ada jalan transformatif – pola makan yang penuh kesadaran. Dengan menumbuhkan kesadaran, menikmati setiap gigitan, dan menyesuaikan diri dengan isyarat tubuh, Anda bisa mendapatkan kembali kendali atas kebiasaan makan atau nafsu makan secara emosional.

"Makan dengan penuh kesadaran bukan hanya tentang apa yang ada di piring Anda; ini tentang memberi nutrisi pada tubuh, pikiran, dan jiwa Anda. Bebaskan diri dari keinginan ngemil yang dipicu oleh stres, dan jadikan setiap makanan menjadi perayaan perawatan diri dan keseimbangan," tulisnya di keterangan instagram. 

Berikut 5 cara agar mengatasi stress eating:

1. Pengendalian emosi

Sebelum makan, luangkan waktu sejenak untuk memeriksa emosi Anda. Apakah Anda benar-benar lapar, atau Anda makan sebagai respons terhadap stres, kebosanan, atau emosi lainnya. 

2. Makan perlahan dan penuh perhatian

Libatkan semua indra Anda saat makan. Luangkan waktu untuk menikmati rasa, tekstur, dan aroma makanan Anda. Kunyah perlahan dan menyeluruh, perhatikan setiap gigitan.

3. Pengamatan yang tidak menghakimi

Berlatihlah mengamati pikiran dan perasaan Anda tanpa menghakimi atau mengkritik. Perhatikan penilaian atau pikiran negatif apa pun yang muncul seputar makanan dan makan.

4. Pilihan makanan sehat dan bergizi

Saat memilih makanan dan camilan, buatlah pilihan yang bijaksana yang menyehatkan tubuh Anda dan mendukung kesejahteraan secara keseluruhan. Pertimbangkan nilai gizi makanan yang Anda konsumsi dan bagaimana pengaruhnya terhadap perasaan Anda.

5. Kesadaran akan rasa lapar dan kenyang

Perhatikan isyarat lapar dan kenyang pada tubuh Anda. Sebelum meraih makanan, luangkan waktu sejenak untuk menilai tingkat rasa lapar Anda.

Pilihan Editor:

7 Cara Cegah Stress Eating, Minum Air Putih yang Cukup Bisa Membantu

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."