5 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental dan Spiritual ala Marshanda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Marshanda/Foto: Instagram/Marshanda

Marshanda/Foto: Instagram/Marshanda

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Akrtis Marshanda belum lama ini menjadi perbincangan hangat setelah mencurahkan isi hatinya di laman Instagramnya, Marshanda atau akrab disapa Chacha ini merasa marah dan kecewa dengan segala kehilangan, keterbatasan yang tengah dia alami. 

Chacha merasakan jika semua kejadian yang dia alami ada hikmahnya dan dia merasa sangat bersyukur lagi karena masih banyak orang-orang yang mau memberi bantuan materi di saat dia sudah terlalu banyak berhutang sana sini. Yang ada di pikirannya saat ini "Lihat bagaimana yang kita dapat saat kita menerima ujian ini."

Berdasar perjalanan hiduo yang ia alami, pada tanggal 1 Agustus 2023 lalu, Marshanda berbagi cerira melalui saluran YouTube milik Daniel Mananta tentang cara meningkatkan kesehatan mental dan spiritual ala ibu satu anak ini. 

Berikut tips-tips yang Marshanda untuk meningkatkan kesehatan mental:

1. Pentingnya memiliki support system

Kesehatan mental kita dapat berkembang dengan baik ketika kita dikelilingi oleh orang-orang yang peduli dan menyayangi kita. Jika kita merasa dicemooh atau diabaikan oleh lingkungan sekitar meskipun kita peduli pada diri sendiri, itu bisa membuat kita merasa tidak dihargai, dan inilah saatnya untuk mempertimbangkan meninggalkan lingkungan yang tidak sehat.

2. Menghindari lingkungan toxic

Meskipun penting untuk berinteraksi dengan berbagai orang dan lingkungan, jika pertemanan atau lingkungan tersebut berubah menjadi lingkungan toxic kita harus memiliki kesiapan untuk mengambil langkah mundur. Menjaga kesehatan mental dan spiritual kita sering kali melibatkan mengenali kapan waktu yang tepat untuk menjaga jarak dari situasi yang merugikan.

3. Berdoa dengan sungguh-sungguh

Melibatkan jiwa dan hati dalam doa kita dapat membantu menenangkan pikiran dan merasa lebih dekat dengan aspek rohaniah dalam diri kita. Ini pada gilirannya dapat meningkatkan keadaan fisik dan mental kita secara keseluruhan.

4. Mendengarkan intuisi atau kata hati kita adalah langkah yang penting

Terkadang rencana yang telah kita susun tidak selalu sesuai dengan kenyataan, dan apa yang awalnya tidak direncanakan bisa menjadi jalan terbaik bagi kita. Mempercayai kata hati dan meresponsnya dengan bijaksana dapat membantu kita membuat keputusan yang lebih baik dan sejalan dengan perkembangan pribadi kita.

5. Menjalin hubungan yang dekat dengan Tuhan 

Melalui pendekatan spiritual, kita dapat merasa terhubung dengan sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri, sehingga dapat mengurangi rasa takut terhadap isolasi sosial atau stres yang timbul dari tekanan sehari-hari. Marshanda mengakui dekat dengan Tuhan menjadi elemen penting dalam meningkatkan kesehatan mental dan spiritual. 

Marshanda memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana merawat kesehatan mental dan spiritual melalui prinsip-prinsip ini. Dengan mengenali pentingnya lingkungan yang mendukung, menghindari toksisitas, berdoa dengan tulus, mendengarkan kata hati, dan menjalin hubungan dengan dimensi spiritual, kita dapat mencapai keseimbangan yang lebih baik dalam hidup kita.

Pilihan Editor: Cerita Putri Marshanda Putuskan Berhijab, Merasa Nyaman jadi Keterusan

IVANA FELYSITASWATI PALLA  

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."