Pahami 4 Hal Soal Kecerdasan Emosional

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi anak menangis di mobil. getty images

Ilustrasi anak menangis di mobil. getty images

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaKecerdasan emosional atau emotional intelligence semakin sering terdengar. Para ahli merasa perlu untuk mengajarkan ilmu ini kepada masyarakat. Kecerdasan emosional sendiri artinya kemampuan untuk mengendalikan emosi sendiri maupun memahami orang lain. Orang yang mampu mengendalikan kecerdasan emosional bisa mengelola perasaan dan emosi yang mempengaruhi perilakunya.

Merujuk Mental Health America ada lima elemen kecerdasan emosional yaitu kesadaran, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial.  Kecerdasan emosional sangat diperlukan ketika bersosialisasi dengan orang lain. Misalnya dalam dunia kerja. Sebab, kecerdasan emosional berkaitan dengan keterampilan manajemen konflik dan komunikasi saat bekerja dengan orang lain.

Tingkat kecerdasan emosional

Seseorang yang bisa mengatur emosinya cenderung mampu menghindari pengambilan keputusan yang disertai konflik. Berpikir objektif sebelum bertindak ciri utama kecerdasan emosional.

1. Memahami emosi

Mengutip Verywell Mind, hasil penelitian menunjukkan ada empat tingkat kecerdasan emosional.Tingkat pertama, mampu memahami emosi. Kemampuan ini soal cekatan memahami isyarat tanpa ucapan seperti bahasa tubuh dan ekspresi wajah.

2. Keterampilan menggunakan emosi

Kemampuan menggunakan emosi untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan aktivitas kognitif. Emosi membantu memprioritaskan berbagai hal yang sering diperhatikan. Bila sudah berhasil mengelola emosi akan bisa merespons sesuatu dengan emosional yang tepat. 

3. Ekspresi emosi

Emosi yang dirasakan membawa berbagai makna. Jika seseorang mengekspresikan emosi marah, ingat apa penyebab kemarahannya. Misalnya, jika atasan di kantor marah, bisa itu berarti, ia tidak puas dengan hasil pekerjaan karyawannya. Tapi, bisa juga memiliki masalah pribadi. Itu sebabnya, penting memahami ekspresi emosi orang lain.

4. Mengendalikan emosi

Kemampuan mengendalikan emosi bagian penting dari kecerdasan emosional. Mengatur dan merespons emosi orang lain merupakan aspek penting dari pengelolaan perasaan dan pikiran.

Pilihan editor: Tips Mengembangkan Kecakapan Emosional Anak Sesuai Usia

NOVITA ANDRIAN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."