8 Manfaat Air Kelapa, Tak Cuma Menghidrasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi air kelapa. shutterstock.com

Ilustrasi air kelapa. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Air kelapa adalah cairan yang berasal dari dalam kelapa pada perkembangan awalnya, menurut Samantha Ferguson, ahli diet terdaftar di Wellory and Pivot Nutrition Coaching, Amerika Serikat. Jika Anda ingin menyesap sesuatu yang manis tanpa banyak gula, jawabannya adalah air kelapa. Minuman ini tidak hanya mengandung kurang dari 10 gram gula per delapan ons cangkir, tetapi juga hanya memiliki 44 kalori dalam setiap porsi satu cangkir.

Air kelapa juga mengandung kalium elektrolit (404 mg per cangkir) dan vitamin C (24 mg per cangkir) dalam jumlah yang mengesankan, kata Kaleigh McMordie, MCN, RDN, ahli gizi kuliner dan keluarga dan pendiri blog Baby Led Bliss. "Ini juga mengandung sedikit thiamin, mangan, kalsium, magnesium, besi, dan seng," tuturnya dikutip dari PopSugar, pada Rabu, 3 Mei 2023.

Namun, penting untuk dicatat bahwa fakta gizi yang tepat dari air kelapa akan bervariasi tergantung pada merek dan jenis yang Anda beli serta kematangan kelapa, menurut penelitian. Jumlah vitamin dan mineral juga sedikit lebih rendah dalam air kelapa kemasan dibandingkan dengan air kelapa segar, tambah Ferguson. Air kelapa kemasan dingin adalah pilihan terbaik jika air kelapa segar tidak tersedia, katanya.

Lantas, apa saja manfaat air kelapa? Yuk, kita intip bersama.

1. Menghidrasi

Seperti disebutkan di atas, air kelapa dikemas dengan kalium elektrolit. Tapi itu hanya satu dari sekian banyak elektrolit yang Anda temukan di air kelapa. Bukan cuma itu, air kelapa juga kaya akan sodium (64 mg per cangkir), magnesium (15 mg per cangkir), dan kalsium (17 mg per cangkir), kata McMordie.

Elektrolit adalah mineral yang berperan penting dalam menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk hidrasi, menurut National Library of Medicine. Dan, air kelapa salah satu sumber elektrolit yang bagus.

2. Menyehatkan Jantung

Air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Pada sebuah penelitian, hewan yang yang diberi air kelapa mengalami penurunan kolesterol dalam darah dan trigliserida. Hewan itu juga mengalami penurunan lemak hati yang signifikan.

3. Melindungi Kulit

Air kelapa mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel dalam tubuh dari gangguan yang disebabkan radikal bebas. Selain fakta bahwa hidrasi saja adalah kunci untuk menjaga kesehatan kulit, penelitian awal menunjukkan bahwa air kelapa mungkin memiliki sifat tambahan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan.

Studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam International Journal of Biochemistry Research & Review menemukan bahwa air kelapa memiliki efek antioksidan yang membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas (yaitu jenis yang menyebabkan tanda-tanda penuaan yang terlihat).

Sementara itu, studi tahun 2017 yang berfokus pada potensi air kelapa untuk meningkatkan kesehatan mulut menemukan bahwa bahan tersebut memiliki sifat antimikroba, yang berarti ada kemungkinan bahwa air kelapa juga dapat membantu mencegah jerawat dan meningkatkan penyembuhan ketika dioleskan. Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi menambahkan sedikit air kelapa ke rutinitas Anda tentu tidak ada salahnya.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Air kelapa dapat memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan. Keluhan mual, muntah, atau diare pun bisa teratasi dengan mengonsumsinya. Air kelapa juga mengandung elektrolit, sehingga dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat masalah pencernaan. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."