8 Manfaat Air Kelapa, Tak Cuma Menghidrasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi air kelapa. shutterstock.com

Ilustrasi air kelapa. shutterstock.com

IKLAN

5. Mencegah Batu Ginjal

Seperti namanya, batu ginjal adalah bahan seperti batu yang dapat terbentuk di salah satu atau kedua ginjal Anda. Biasanya berkembang ketika kadar mineral tertentu yang tinggi (misalnya, kalsium, oksalat, fosfor) ada dalam urine Anda, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK).

"Tetap terhidrasi adalah kunci untuk mencegah batu ginjal," kata Ferguson. Dan karena air kelapa dapat membantu Anda melakukan hal itu, mungkin tidak terlalu mengejutkan untuk mengetahui bahwa cairan tersebut telah terbukti membantu mencegah batu ginjal.

Faktanya, sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa minum air kelapa dapat meningkatkan pembuangan potasium, klorida, dan sitrat dalam urin peserta tanpa batu ginjal. Ini menunjukkan bahwa cairan tersebut dapat membantu membersihkan sistem dan mengurangi kemungkinan berkembangnya batu.

6. Menurunkan Gula Darah

Studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan air kelapa dapat membantu menurunkan gula darah dan A1C pada penderita diabetes tipe II. "Meskipun mekanismenya tidak diketahui, pemikirannya adalah antioksidan dalam air kelapa berperan dalam mengurangi gula darah dan magnesium dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin," jelas McMordie. Namun, hasilnya belum dikonfirmasi pada manusia.

7. Mencegah Kondisi Kronis

Sementara penelitian pada manusia diperlukan, penelitian pada hewan menunjukkan antioksidan dalam air kelapa (misalnya vitamin C) dapat membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh, kata McMordie.

ICYDK, radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang jika berlebihan dapat menyebabkan stres oksidatif dalam tubuh, yang dapat merusak sel dan meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti berbagai jenis kanker. Tetapi dengan memerangi molekul yang berpotensi berbahaya ini, antioksidan – seperti yang ada dalam air kelapa – mungkin dapat menjaga kondisi tersebut.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Air kelapa mengandung sitokin, yakni protein kecil yang mengatur perkembangan dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Ketika sitokin dilepaskan, mereka bisa meningkatkan sistem kekebalan untuk melakukan pekerjaan.

Selain itu, sitokin mempengaruhi pertumbuhan sel darah yang membantu respon imun tubuh. Zat ini memiliki efek anti penuaan dan anti kanker. Namun, belum ada penelitian substansial yang menunjukkan kalau air kelapa bisa mencegah kanker.

Penting untuk dicatat bahwa seperti yang lainnya, air kelapa bukanlah peluru ajaib," kata McMordie. "Anda mungkin harus mengonsumsi banyak air kelapa untuk melihat perbedaan nyata pada beberapa efek di atas, jadi manfaat sebenarnya mungkin minimal saat meminum air kelapa dalam jumlah normal."

Meski begitu, kedua ahli sepakat bahwa air kelapa bermanfaat untuk tubuh. Pastikan untuk memilih produk yang 100 persen air kelapa, artinya itu satu-satunya bahan, dan bebas gula tambahan, kata McMordie. 

"Secara keseluruhan, air kelapa bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet Anda untuk membantu hidrasi atau mengisi kembali beberapa elektrolit setelah berolahraga," kata Ferguson.

Namun perlu diingat bahwa air kelapa tidak boleh menjadi pengganti air biasa.  Air kelapa bisa dijadikan alternatif yang bagus dan alami untuk soda manis atau minuman olahraga yang juga menawarkan gizi tambahan untuk kalori yang relatif rendah, catat McMordie, atau sebagai tambahan yang lezat untuk smoothie atau koktail Anda.

Pilihan Editor: 9 Manfaat Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."